Rancang Bangun Sinkronisasi Pewaktuan Lampu Lalu Lintas Menggunakan PLC Omron CPM2A Dan Wonderware Intouch

Main Article Content

Syukri Hadi Kamil Pasaribu
Andi Dharmawan

Abstract

Kemacetan lalu lintas telah menjadi permasalahan yang sering ditemui di kota-kota besar. Salah satu cara untuk mengatasi kemacetan adalah melakukan proses sinkronisasi antar persimpangan bersinyal.Sistem ini bertujuan agar kendaraan yang keluar dari suatu persimpangan setelah lampu lalu lintas berwarna hijau menyala, tidak lagi menunggu pada persimpangan berikutnya karena terkena lampu merah. Sebuah sinyal diterima pada suatu persimpangan dari persimpangan sebelumnya sebagai tanda agar persimpangan tersebut menyesuaikan pewaktuan lampu hijaunya agar tujuan tersebut diatas dapat tercapai.Kecepatan kendaraan dan jarak antar persimpangan menjadi faktor utama dalam perhitungan sinkronisasi. Penggunaan sistem sinkronisasi mampu menghindarkan kendaraan terkena lampu merah pada persimpangan yang tersinkronisasi secara aktual pada prototipe sebanyak 24 kali dari 30 kali percobaan (80%) dengan waktu tunggu rata-rata apabila terkena lampu merah adalah 12,02 detik, sedangkan secara simulasi 17 kali dari 30 kali percobaan (56,67%) dengan waktu tunggu rata-rata apabila terkena lampu merah adalah 1,25 detik. Kecepatan maksimal kendaraan yang direkomendasikan secara teori pada simulasi adalah 46,67 km/jam.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pasaribu, S. H. K., & Dharmawan, A. (2016). Rancang Bangun Sinkronisasi Pewaktuan Lampu Lalu Lintas Menggunakan PLC Omron CPM2A Dan Wonderware Intouch. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 93-104. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/98
Section
Articles

References

Dharmawan, A., 2006, Prototipe Pengaturan Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Tingkat Kepadatan Arus. Skripsi, Prodi Elektronika dan Instrumentasi, Fakultas MIPA, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Agung, I.R., 2009, Simulator Pengatur Lampu Lalu Lintas Berdasarkan Waktu Dan Kepadatan Kendaraan Berbasis Mikrokontroller AT89S52. Fakultas Teknik Elektro, Universitas Udayana, Bali.

Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta : PT. Bina Karya Persero., 1997.