Sebagai bagian dari proses pengajuan artikel, penulis diharuskan untuk memeriksa artikel yang diajukan sesuai dengan poin yang dijabarkan sebagai berikut. Pengajuan artikel mungkin dapat ditolak jika tidak sesuai dengan poin tersebut.

  • Artikel ini belum pernah dipublikasikan sebelumnya atau tidak sedang dalam proses review di jurnal atau konferensi lainnya.
  • Artikel tersebut di atas tidak akan ditarik/pengajuannya dibatalkan sebelum mendapat keputusan setelah proses review di Jurnal Eksplora Informatika.
  • Artikel tersebut di atas tidak akan diajukan ke jurnal atau konferensi lain sebelum mendapat keputusan setelah proses review di Jurnal Eksplora Informatika.
  • File makalah sudah dalam format Microsoft Word (*.doc / *.docx).
  • Makalah telah ditulis dengan mengikuti aturan penulisan yang ada serta telah terformat sesuai dengan template penulisan.
  • Tabel dibuat dengan menggunakan fitur "Insert Table" pada word processor, bukan berupa gambar.
  • Gambar dan tabel telah ditempatkan di lokasi yang baik di makalah, tidak mengakibatkan banyak tempat kosong. Banyaknya tempat yang kosong dan/atau gambar yang terlalu besar, mungkin akan menyebabkan pengurangan halaman ketika disunting oleh tim Layout Editor.
  • Gambar yang diberikan sudah memiliki resolusi yang cukup sehingga terlihat jelas / tidak buram.

Selain checklist di atas, penulis juga diharapkan untuk membaca halaman Etika Publikasi Jurnal Eksplora Informatika.

Lingkup Jurnal

Lingkup jurnal ini adalah seluruh hasil penelitian dalam ruang lingkup rumpun ilmu Teknik Elektro dan Informatika. Di antaranya adalah Sistem Komputer / Teknik Komputer, Sistem Informasi, Teknik Perangkat Lunak, Teknologi Informasi, Teknik Informatika / Ilmu Komputer,  dan bidang-bidang lainnya yang masuk ke dalam rumpun ilmu tersebut.

Jenis Tulisan

Tulisan makalah yang dapat dimuat di jurnal ini berupa laporan dari hasil penelitian original atau makalah review yang mengkaji sebuah topik riset yang secara komprehensif.

Bagian-Bagian Tulisan

Pada setiap makalah harus terdapat abstrak, pendahuluan, studi literatur terkait dengan metode yang digunakan, metodologi, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

Identitas Penulis

Identitas penulis harus ditulis dengan lengkap berupa: nama lengkap (tanpa gelar), nama lembaga, alamat lembaga, serta email penulis. 

Bahasa

Makalah ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan memperhatikan kaidah penulisan Bahasa Indonesa sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan serta kaidah penulisan bahasa ilmiah. Usahakan untuk selalu menggunakan kalimat pasif. Apabila ada kata serapan, sebaiknya ditulis dengan huruf cetak miring (italics).

Panjang Tulisan

Panjang tulisan adalah antara 6 hingga 12 halaman A4 dengan spasi 1 dengan jenis huruf Times New Roman berukuran 10 point. Format penulisan lebih lanjut silahkan mengacu pada template makalah.

Gaya Selingkung

Format penulisan makalah silahkan mengacu pada Template Jurnal Eksplora Informatika.

Login or Register to make a submission.