Penerapan Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi : Antara Idealisme dan Kenyataan
Main Article Content
Abstract
Total Quality Management (TQM) menjadi relevan karena wujud pendidikan tinggi sebagai sebuah perangkat yang didasarkan pada penciptaan dan penyebaran pengetahuan dan pemahaman memang disinyalir mengalami kemerosotan mutu. Perbaikan mutu merupakan salah satu komitmen pemerintah di sektor pendidikan. Sistem akreditasi program studi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan sistim pengawasan yang dilakukan oleh Inspektorat Jenderal (Itjen), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), yang memfokuskan pada pengawasan fungsional, terasa kurang tepat untuk dijadikan jaminan bahwa perguruan tinggi sudah memberikan pendidikan yang bermutu bagi mahasiswanya. Total Quality Management (TQM) didefinisikan sebagai konsep perbaikan yang dilakukan secara terus menerus, yang melibatkan semua karyawan di setiap level organisasi, untuk mencapai kualitas yang ‘exellent’ dalam semua aspek organisasi melalui proses manajemen. Dalam rangka usaha perbaikan mutu, evaluasi program yang dilakukan sudah mencakup evaluasi terhadap tujuan-tujuan dari universitas atau tridarma perguruan tinggi. Akan tetapi, sampai sejauh ini, belum bisa disimpulkan bagaimana pencapaian mutu suatu universitas atau mutu sistim pendidikan tinggi secara keseluruhan. Hal ini diduga antara lain karena praktek-praktek TQM yang ada saat ini belum dikembangkan dengan optimal. Alasan lainnya adalah karena prinsip-prinsip TQM yang lain, yaitu penilaian tentang pencapaian mutu tidak dilakukan. Untuk itu diperlukan kajian ulang sasaran-sasaran mutu universitas, komitmen yang kuat tentang pencapaian mutu dalam renstra setiap universitas dan diselenggarakan quality audit secara rutin untuk menjamin terselenggaranya pendidikan yang bermutu.
Article Details
Section
Articles
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
How to Cite
Penerapan Total Quality Management (TQM) di Pendidikan Tinggi : Antara Idealisme dan Kenyataan. (2016). Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 53-62. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/95
References
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Laporan Tahunan Universitas Pajajaran Tahun Anggaran 2000 ( Jakarta: 2001), hlm. 28.
Heizer, J., & Render, B., 2006, Manajemen Operasi, Alih Bahasa: Dwianoegrahwati, S & Indra, A., Salemba Empat, Jakarta.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen.Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Handoko, H. 2001, Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.
CHES. 1993. Identifying and Developing a Quality Ethos in Higher Education: Newsletter No.3. London: Center for Higher Education Studies.
Wiliams, G.L. 1992. Changing Patterns of Finance in Higher Education. Buckingham, U.K: Open University Press.
Deming, W.E. 1986. Out of The Crisis. Cambridge, Massachusetts: M.I.T., Center for Advanced Engineering Study.
Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas untuk Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Arcaro, J.S. 1995. Quality in Education : An Implementation Handbook, Delray Beach: St. Lucie Press, Florida.
Heizer, J., & Render, B., 2006, Manajemen Operasi, Alih Bahasa: Dwianoegrahwati, S & Indra, A., Salemba Empat, Jakarta.
Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen.Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.
Handoko, H. 2001, Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia, Edisi 2, BPFE, Yogyakarta.
CHES. 1993. Identifying and Developing a Quality Ethos in Higher Education: Newsletter No.3. London: Center for Higher Education Studies.
Wiliams, G.L. 1992. Changing Patterns of Finance in Higher Education. Buckingham, U.K: Open University Press.
Deming, W.E. 1986. Out of The Crisis. Cambridge, Massachusetts: M.I.T., Center for Advanced Engineering Study.
Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas untuk Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Arcaro, J.S. 1995. Quality in Education : An Implementation Handbook, Delray Beach: St. Lucie Press, Florida.