Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan E-Government: Studi Kasus Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan

Main Article Content

Dien Novita

Abstract

Setiap negara berusaha menerapkan prinsip e-government untuk layanan pemerintahan. Tetapi tentu saja setiap negara masing-masing mempunyai kendala dan hambatan yang berbeda-beda. Untuk negara berkembang seperti Indonesia, kendala yang utama adalah faktor SDM, infrastruktur, dan organisasi. Penelitian  ini akan menilai penerapan e-government di tingkat pemerintah kota, yaitu kota Palembang. Dalam penerapannya akan dilihat faktor-faktor apa yang dominan menjadi penghambat penerapan e-government tersebut. Metode yang digunakan dalam  menganalisa data yang berhasil dikumpulkan dari para responden dengan cara pengisian kuisioner adalah metode statistik.  Teknik statistik diolah dengan program SPSS 15 dan AMOS 7. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kendala sumber daya manusia, kendala infrastruktur dan kendala organisasi berpengaruh dalam memprediksi hambatan pengembangan e-government. Dan terakhir, dari pengujian yang diperoleh didapatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap hambatan dalam pengembangan e-government di tingkat pemerintah kota, yaitu kota Palembang ini adalah variabel lemahnya kepemimpinan, langkanya sumber daya manusia, kurangnya koordinasi, kesenjangan dijital dan lemahnya pengaturan. Diharapkan dari hasil penelitian ini dapat memberikan bahan acuan, model pemikiran, dan pertimbangan bagi para pengguna teknologi informasi khususnya dalam hal penerapan sistem informasi e-government sehingga dapat melakukan implementasi secara lebih baik lagi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Novita, D. (2016). Faktor-Faktor Penghambat Pengembangan E-Government: Studi Kasus Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 43-52. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/94
Section
Articles

References

ESCAP/APCICT, Akademi Esensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Pimpinan Pemerintahan, 2010, Penerapan E-Government, Modul 3.

Sosiawan. Edwi Arief, 2008, Tantangan dan Hambatan dalam Implementasi E-Government di Indonesia, FISIP UPNV, Yogyakarta.

Rokhman. Ali, 2008, Potret Dan Hambatan E-Government Indonesia, Vol.11/XX/Juli 2008.

Asia e-Government Forum National Information Society Agency, 20 September 2007, Bridging Asia through e-Government. Seoul, Republic of Korea.

United Nations E-Government Survey 2010.

Hair, Jr., Joseph F., Anderson, Rolph E, Tatham, Ronald L., & Balck, William C., Multivariate Data Analysis, 1995, Fourth Edition, New Jersey:Prentice Hall. Inc.