Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar

Main Article Content

Sandy Kosasi

Abstract

Bahasa Mandarin memiliki ciri khas dalam pelafalan, intonasi nada, dan goresan tulisan yang bervariasi. Para siswa membutuhkan sebuah aplikasi multimedia pembelajaran melalui perpaduan video, audio, teks, gambar dan animasi untuk memperoleh kemudahan dalam mempelajarinya. Penelitian ini menekankan pembahasan mengenai penguasaan pinyin dalam penulisan dan pelafalan yang benar berdasarkan kategori-kategori dan soal-soal latihan dalam bentuk permainan (game). Pembuatan aplikasi pembelajaran menggunakan metode prototipe. Aplikasi ini membantu para siswa yang ingin mempelajari bahasa Mandarin tingkat dasar secara mandiri, maupun individu yang belum pernah belajar bahasa Mandarin. Memiliki panduan dalam menulis huruf dan konten audionya, mampu menampilkan sekaligus huruf Han singkat (jiantizi) dan huruf Han lengkap (fantizi) sehingga dapat mempelajari perbedaan kedua jenis huruf tersebut dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas kamus Indonesia Mandarin. Analisis hasil dari aplikasi pembelajaran bahasa Mandarin memperlihatkan bahwa dalam melakukan penelusuran untuk setiap kosa kata dan kategori scene sudah dapat memenuhi kebutuhan pengguna.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kosasi, S. (2016). Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 1-12. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/91
Section
Articles

References

Ivers, Karen S., and Barron, Ann E., 2010, Multimedia Projects In Education: Designing, Producing, and Assessing, Fourth Edition, Libraries Unlimited.

Vaughan, Tay., 2011, Multimedia Making It Work, Eighth Edition, McGraw-Hill.

Adelia, 2010, Mempelajari Nada Dalam Bahasa Mandarin.

David, Qing, 2011, Chinese Tones, Mandarin Impossible.

Ozcelik, E., and Acarturk, C., 2011, Reducing the spatial distance between printed and online information sources by means of mobile technology enhances learning: Using 2D barcodes. Computers & Education, 57(3), 2077-2085. doi: 10.1016/j.compedu.2011.05.019.

Ho Kiu Phat, 1998, Kamus Pinyin Mandarin-Indonesia, Puspa Swara, Jakarta.

Limojoyo, Yoto, 2002, Pelajaran Bahasa Tionghoa Gaya Baru, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Kristanti, Tanti, dan Limandinata, Sianny., 2009, Pembuatan Aplikasi Kamus Indonesia-Mandarin/Mandarin-Indonesia Online, Jurnal Informatika, Vol.5 (2): 187-201, Desember 2009.

Darmanto, Hari, Yulius, dan Apriana, Maria., 2013, Perancangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Interaktif Bahasa Mandarin Berbasis Open Source E-Learning, eJETU, Vol.1 (2): 1-8, Oktober 2013.

Sommerville, Ian, 2011, Software Engineering, Ninth Edition, Addison-Wesley.