Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar
Main Article Content
Abstract
Bahasa Mandarin memiliki ciri khas dalam pelafalan, intonasi nada, dan goresan tulisan yang bervariasi. Para siswa membutuhkan sebuah aplikasi multimedia pembelajaran melalui perpaduan video, audio, teks, gambar dan animasi untuk memperoleh kemudahan dalam mempelajarinya. Penelitian ini menekankan pembahasan mengenai penguasaan pinyin dalam penulisan dan pelafalan yang benar berdasarkan kategori-kategori dan soal-soal latihan dalam bentuk permainan (game). Pembuatan aplikasi pembelajaran menggunakan metode prototipe. Aplikasi ini membantu para siswa yang ingin mempelajari bahasa Mandarin tingkat dasar secara mandiri, maupun individu yang belum pernah belajar bahasa Mandarin. Memiliki panduan dalam menulis huruf dan konten audionya, mampu menampilkan sekaligus huruf Han singkat (jiantizi) dan huruf Han lengkap (fantizi) sehingga dapat mempelajari perbedaan kedua jenis huruf tersebut dalam waktu yang bersamaan. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas kamus Indonesia Mandarin. Analisis hasil dari aplikasi pembelajaran bahasa Mandarin memperlihatkan bahwa dalam melakukan penelusuran untuk setiap kosa kata dan kategori scene sudah dapat memenuhi kebutuhan pengguna.
Article Details
Section
Articles
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
How to Cite
Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Mandarin Tingkat Dasar. (2016). Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 1-12. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/91
References
Ivers, Karen S., and Barron, Ann E., 2010, Multimedia Projects In Education: Designing, Producing, and Assessing, Fourth Edition, Libraries Unlimited.
Vaughan, Tay., 2011, Multimedia Making It Work, Eighth Edition, McGraw-Hill.
Adelia, 2010, Mempelajari Nada Dalam Bahasa Mandarin.
David, Qing, 2011, Chinese Tones, Mandarin Impossible.
Ozcelik, E., and Acarturk, C., 2011, Reducing the spatial distance between printed and online information sources by means of mobile technology enhances learning: Using 2D barcodes. Computers & Education, 57(3), 2077-2085. doi: 10.1016/j.compedu.2011.05.019.
Ho Kiu Phat, 1998, Kamus Pinyin Mandarin-Indonesia, Puspa Swara, Jakarta.
Limojoyo, Yoto, 2002, Pelajaran Bahasa Tionghoa Gaya Baru, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kristanti, Tanti, dan Limandinata, Sianny., 2009, Pembuatan Aplikasi Kamus Indonesia-Mandarin/Mandarin-Indonesia Online, Jurnal Informatika, Vol.5 (2): 187-201, Desember 2009.
Darmanto, Hari, Yulius, dan Apriana, Maria., 2013, Perancangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Interaktif Bahasa Mandarin Berbasis Open Source E-Learning, eJETU, Vol.1 (2): 1-8, Oktober 2013.
Sommerville, Ian, 2011, Software Engineering, Ninth Edition, Addison-Wesley.
Vaughan, Tay., 2011, Multimedia Making It Work, Eighth Edition, McGraw-Hill.
Adelia, 2010, Mempelajari Nada Dalam Bahasa Mandarin.
David, Qing, 2011, Chinese Tones, Mandarin Impossible.
Ozcelik, E., and Acarturk, C., 2011, Reducing the spatial distance between printed and online information sources by means of mobile technology enhances learning: Using 2D barcodes. Computers & Education, 57(3), 2077-2085. doi: 10.1016/j.compedu.2011.05.019.
Ho Kiu Phat, 1998, Kamus Pinyin Mandarin-Indonesia, Puspa Swara, Jakarta.
Limojoyo, Yoto, 2002, Pelajaran Bahasa Tionghoa Gaya Baru, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kristanti, Tanti, dan Limandinata, Sianny., 2009, Pembuatan Aplikasi Kamus Indonesia-Mandarin/Mandarin-Indonesia Online, Jurnal Informatika, Vol.5 (2): 187-201, Desember 2009.
Darmanto, Hari, Yulius, dan Apriana, Maria., 2013, Perancangan Aplikasi Sistem Pembelajaran Interaktif Bahasa Mandarin Berbasis Open Source E-Learning, eJETU, Vol.1 (2): 1-8, Oktober 2013.
Sommerville, Ian, 2011, Software Engineering, Ninth Edition, Addison-Wesley.