Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (Studi Kasus di PT. Telemedia Network Cakrawala)

Main Article Content

Bob Subhan Riza

Abstract

PT. Telemedia Network Cakrawala (TNC) merupakan sebuah perusahaan penyedia jasa internet (Internet Service Provider) yang berlokasi di Medan. Seiring dengan tingkat persaingan yang semakin ketat di bidang pelayanan internet maka PT. TNC merasa perlu untuk mengkaji ulang strategi dalam persaingan dan mengevaluasi kemampuan internal perusahaan. Pengukuran kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi sebuah perusahaan karena hasil pengukuran tersebut dapat digunakan untuk menilai keberhasilan perusahaan. Oleh karena itulah, penulis membuat sebuah studi yang dapat digunakan perusahaan untuk mengukur kinerja perusahaan dan meningkatkan produktivitas dengan menerapkan Balanced Scorecard dan metode Analytic Network Process (ANP). Balanced Scorecard (BSC) merupakan suatu alat yang dapat mengukur kinerja perusahaan secara keseluruhan, baik secara keuangan maupun non keuangan. Pengukuran dilakukan dengan menggunakan empat perspektif yaitu, perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Metode Analytic Network Process (ANP) digunakan untuk mengetahui besar bobot keterkaitan 4 perspektif dalam mendukung kinerja perusahaan. Ada 12 kriteria dan 1 alternatif yang digunakan dalam penelitan ini. Hasil akhir perhitungan data finansial yang telah dilakukan maka Kinerja Finansial dengan bobot final 0.2362 atau 23%, Kinerja Konsumen dengan bobot final 0.1975 atau 19%, Kinerja Proses Bisnis dengan bobot final 0.2248 atau 22% dan Kinerja Pertumbuhan dan Pembelajaran dengan bobot final 0.3415 atau 34%, maka Kinerja Pertumbuhan dan Pembelajaran sangat berpengaruh untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan software Super Decisions, Microsoft Excel dan Metode ANP.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riza, B. S. (2016). Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (Studi Kasus di PT. Telemedia Network Cakrawala). Jurnal Eksplora Informatika, 5(1), 51-62. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/76
Section
Articles

References

Prasetiyatno, Hidayat, et al, (2011). “Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Metode Balanced

Scorecard”. Jurnal Performa. Vol. 10, No. 2.

Vanany Iwan (2003). “Aplikasi Analytic Network Process (ANP) pada Perancangan Sistem

Pengukuran Kinerja (Studi Kasus pada PT. X)”. Jurnal Teknik Industri Institut Teknologi

Sepuluh Nopember. Vol. 5 No. 1.

Hidayati Juliza (2012). “Penerapan Analytical Network Process (ANP) pada Sistem Pengukuran

Kinerja Kebun Sidamanik Pematang Siantar”. Jurnal J@TI Undip. Vol. 7 No. 12.

Suhendra Maman (2004). “Evaluasi Atas Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Sistem

Pengukuran Kinerja Perusahaan : Studi Kasus PT. X”. Jurnal Kajian Ekonomi dan Keuangan.

Vol. 8 No. 2.

Haddad Ghamar, et al, (2012). “Assessment of Organization Performance using Combined

Approach of Balanced Scorecard and Fuzzy Analytic Network Process (Case Study: A Branch

of Iran University of Medical Sciences)”. International Journal of Management Sciences and

Business Research. Vol. 1. Issue 11.2010

Luhur Priyantoko, et al, (2010). “Implementasi Performance Prism untuk Sistem

Pengukuran Kinerja Perusahaan (Studi Kasus : PT. Preshion Engineering Plastec Surabaya)”.

Program Studi Teknik Informatika, Universitas Trunojoyo Madura.

Hernandez CT, et, al, (2012). “Using The Analytic Network Process To Evaluate The Relation

Between Reverse Logistics And Corporate Performance In Brazillian Companies”. Revista

Investagacion Operacional. Vol. 33. No. 1.

Zailani Abdullah (2009). “Pengukuran Kinerja Perusahaan Dengan Balanced Scorecard”. Jurnal

Performance. Vol. 9 No. 2.

Susanti Melila Nur Indah. (2011). “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Analytic Network

Process (ANP) untuk Penempatan Kerja pada Sebuah Institusi”. Jurnal Petir. Vol 4. No. 2.

Kaplan, R. and D. Norton, 1996. Translating strategic Into Action –The Balanced Scorecard,

Harvard Business School Press, Boston, Massachusetts.

Saaty, Thomas L. (2001). Decision Making with Dependence and Feedback : The Analytical

Network Process 2nd ed. RWS Publications. Pittsburgh..