Media Pembelajaran Pengenalan Rupa Dan Karakter Tokoh Wayang Purwa Berbasis Android

Main Article Content

Candra Ahmadi
Erma Sulistyo Rini
I Wayan Agus Wiratama

Abstract


Wayang purwa merupakan wayang kulit yang membawakan cerita yang bersumber dari kitab Mahabharata dan Ramayana. Tokoh-tokoh yang ada dalam pewayangan tersebut memiliki rupa dan karakter masing-masing. Dari karakter itulah kita dapat melihat sifat baik maupun buruk yang dapat digunakan sebagai pedoman hidup. Untuk memperkenalkan rupa dan karakter tokoh wayang purwa, maka dibuatlah suatu aplikasi media pembelajaran pengenalan rupa dan karakter tokoh wayang purwa berbasis Android. Dengan dibuatnya aplikasi ini dapat memperkenalkan rupa dan karakter tokoh wayang purwa. Dalam aplikasi tersebut terdapat materi wayang purwa yang menampilkan penjelasan cerita dan gambar dari tokoh-tokoh wayang purwa. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data dari literatur aplikasi wayang purwa, Unified Modeling Language (UML), Data Flow Diagram (DFD) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Perekayasaan ini memfokuskan pada penyampaian materi rupa dan karakter wayang purwa serta menjawab quiz berdasarkan materi yang dibahas pada aplikasi pengenalan rupa dan karakter tokoh wayang purwa.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ahmadi, C., Sulistyo Rini, E., & Wiratama, I. W. A. (2016). Media Pembelajaran Pengenalan Rupa Dan Karakter Tokoh Wayang Purwa Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 4(2), 197-208. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/66
Section
Articles

References

[1] Hendrayudi (2009).VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Programming. Jakarta : PT Elex Media

Komputindo

[2] Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

[3] S Sudjarwo, Heru (2010).Rupa Dan Karakter Wayang Purwa. Jakarta : Kakilangit Kencana

[4] Elcom (2012).Exploring Android On Your Own PC. Yogyakarta : Andi

[5] Safaat H, Hazanuddin (2012).Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC

Berbasis Android. Bandung : Informatika

[6] Wahana Komputer (2012).Membuat Aplikasi Favorit Android Untuk Tablet Dan Handphone. Jakarta

: Kompas Gramedia

[7] Nugroho, Adi (2009).Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Dan Java. Yogyakarta : Andi

[8] Dharma Kasman, Akhmad (2013).Kolaborasi Dahsyat Android Dengan PHP Dan MySQL.

Yogyakarta : Lokomedia

[9] Riyanto (2011). Membuat Sendiri Aplikasi E-commerce Dengan PHP Dan MySQL Menggunakan

Codelgniter Dan JQuery. Yogyakarta : Andi Offset

[10] T.Hasril Hasan (2004). Kamus Komputer Untuk Orang Awam Cetakan 1. Palembang : Maxikom.

[11] Kusrini (2007). Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta :Andi.

[12] Sismoro,Heri (2005). Pengantar Logika Informatika, Algoritma Dan Pemrograman

Komputer.Yogyakarta :Andi Offset.