Media Pembelajaran Pengenalan Rupa Dan Karakter Tokoh Wayang Purwa Berbasis Android
Main Article Content
Abstract
Wayang purwa merupakan wayang kulit yang membawakan cerita yang bersumber dari kitab Mahabharata dan Ramayana. Tokoh-tokoh yang ada dalam pewayangan tersebut memiliki rupa dan karakter masing-masing. Dari karakter itulah kita dapat melihat sifat baik maupun buruk yang dapat digunakan sebagai pedoman hidup. Untuk memperkenalkan rupa dan karakter tokoh wayang purwa, maka dibuatlah suatu aplikasi media pembelajaran pengenalan rupa dan karakter tokoh wayang purwa berbasis Android. Dengan dibuatnya aplikasi ini dapat memperkenalkan rupa dan karakter tokoh wayang purwa. Dalam aplikasi tersebut terdapat materi wayang purwa yang menampilkan penjelasan cerita dan gambar dari tokoh-tokoh wayang purwa. Pada pembuatan aplikasi tersebut, konsep perencanaan dan perancangannya melalui pengumpulan data dari literatur aplikasi wayang purwa, Unified Modeling Language (UML), Data Flow Diagram (DFD) dan selanjutnya mengimplementasikannya. Perekayasaan ini memfokuskan pada penyampaian materi rupa dan karakter wayang purwa serta menjawab quiz berdasarkan materi yang dibahas pada aplikasi pengenalan rupa dan karakter tokoh wayang purwa.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
[1] Hendrayudi (2009).VB 2008 Untuk Berbagai Keperluan Programming. Jakarta : PT Elex Media
Komputindo
[2] Trianto (2009).Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana
[3] S Sudjarwo, Heru (2010).Rupa Dan Karakter Wayang Purwa. Jakarta : Kakilangit Kencana
[4] Elcom (2012).Exploring Android On Your Own PC. Yogyakarta : Andi
[5] Safaat H, Hazanuddin (2012).Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC
Berbasis Android. Bandung : Informatika
[6] Wahana Komputer (2012).Membuat Aplikasi Favorit Android Untuk Tablet Dan Handphone. Jakarta
: Kompas Gramedia
[7] Nugroho, Adi (2009).Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML Dan Java. Yogyakarta : Andi
[8] Dharma Kasman, Akhmad (2013).Kolaborasi Dahsyat Android Dengan PHP Dan MySQL.
Yogyakarta : Lokomedia
[9] Riyanto (2011). Membuat Sendiri Aplikasi E-commerce Dengan PHP Dan MySQL Menggunakan
Codelgniter Dan JQuery. Yogyakarta : Andi Offset
[10] T.Hasril Hasan (2004). Kamus Komputer Untuk Orang Awam Cetakan 1. Palembang : Maxikom.
[11] Kusrini (2007). Strategi Perancangan dan Pengolahan Basis Data. Yogyakarta :Andi.
[12] Sismoro,Heri (2005). Pengantar Logika Informatika, Algoritma Dan Pemrograman
Komputer.Yogyakarta :Andi Offset.