Penerapan Metode Ahp Dalam Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Pada STT Poliprofesi Medan

Main Article Content

Meiliyani Br Ginting

Abstract


System pendukung keputusan (SPK) merupakan suatu system yang mendukung suatu instansi dalam pengambilan keputusan untuk suatu permasalahan dengan tujuan sebagai alat bantu untuk memperluas kapabilitas dalam pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan pada dasarnya adalah sebuah pemilihan dari beberapa alternative pilihan dengan harapan akan menghasilkan sebuah keputusan yang terbaik . salah satu metode system pendukung keputusan yaitu metode Analyitical Hierarchy Process (AHP) yang merupakan metode untuk melakukan pengambilan keputusan secara ilmiah dan rasional untuk memberikan solusi terhadap masalah criteria yang kompleks dalam berbagai alternative. Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) merupakan metode yang tepat untuk menentukan rangking penerimaan mahasiswa baru. Pemilihan calon Mahasiswa baru merupakan tahapan untuk memutuskan apakah seorang calon dinyatakan diterima atau tidak, sehingga pengambil keputusan dapat memberikan pandangan dan memasukkan penilaian berdasarkan pengalaman. Dengan demikian, penerapan metode AHP dalam penerimaan penerimaan mahasiswa baru berbasis web dan sistem pendukung keputusan ini mampu membantu pihak Sekolah Tinggi untuk menentukan alternatif terbaik dalam proses penerimaan mahasiswa baru sesuai dengan yang diharapkan  Sistem ini juga membantu pihak pengelola atau akademik penerimaan mahasiswa baru dalam proses pendaftaran dan informasi mengenai mahasiswa yang diterima dan tidak diterimaDengan  tersedianya suatu software maka dapat membantu dalam pengambilan keputusan yang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process dengan progrogram web.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ginting, M. B. (2016). Penerapan Metode Ahp Dalam Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Pada STT Poliprofesi Medan. Jurnal Eksplora Informatika, 3(2), 171-180. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/46
Section
Articles

References

Aji Supriyanto, 2007, “Arsitektur dan Teknik Desain Informasi pada Web”. Teknologi Informasi Dinamik, Vol. XII, No. 1 pp 1 – 9.

Iskandar Z. Nasibu, 2009, “Penerapan Metode AHP dalam Sistem pendukung Keputusan Penempatan Karyawan menggunakan Aplikasi Expert Choice”, Pelangi Ilmu, Vol. 2, No. 5 pp 180 – 193.

Zainal Arifin, 2010, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy process (AHP) untuk menentukan Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Pegawai Negeri”. Informatika Mulawarman, Vol. 5, No. 2 pp 1 – 12

Marsani Asfi, Ratna Purnama Sari, 2010, “Sistem Penunjang Keputusan Seleksi Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode AHP (Studi Kasus : STMIK CIC Cirebon”. Informatika, Vol. 6, No. 2 pp 131 – 144.

Lia Rochmasari, Suprapedi, Hendro Subagyo, 2010, “Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru dengan Metode AHP (Analitic Hierarchy Process)”. Teknologi Informasi, Vol. 6 No. 1 pp 115 – 121

R. Fitria Rachmawati, 2011, “Sistem Pengambilan Keputusan Terhadap Ketidakdisiplinan Siswa SMP di SMP YZA 1 Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Teknologi dan Informasi, Vol. 02 No pp 1 – 10.

Asep Hendar Rustiawan, Dini Destiani, Andri Ikhwana, 2012,“Sistem Pendukung Keputusan Penyeleksian Calon Siswa Baru di SMA Negeri 3 Garut”. STT-Garut, Vol. 09, No.21 pp 1 – 10.

Indah Dwi Mumpumi, Fitria Ari Wijayanti, “Aplikasi Sistem Ujian Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Web Menggunakan PHP di STMIK PPKIA Pradnya Paramita Malang. Dinamica Dotcom, Vol. 2, No. 1 pp 45 – 56.

Sri Lisa Susanty, Lisa Ratnasari, Garendra Gatot.A, 2012, “Analisa Pemilihan Pemasok dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) di PT. “X”. SNTI III.

Hanif Al Fatta, (2007), ”Analisis & Perancangan Sistem Informasi” Andi Offset, Yogyakarta.