Penerapan Fuzzy Mamdani Max-Min Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penentuan Gaji Pegawai Pada Sekolah Tinggi Teknik Poliprfesi

Main Article Content

Asprina Br Surbakti

Abstract


Gaji merupakan sesuatu yang penting bagi pegawai. Keputusan yang tepat dalam menentukan gaji adalah hal yang harus dilakukan oleh pimpinan. Baru pada langkah selanjutnya kita lakukan pengolahan data yang diawali dengan penentuan variable. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan himpunan fuzzy, dan dilakukan penegasan (defuzzy) sebagai langkah terakhir. Penegasan dilakukan dengan bantuan software Matlab Toolbox Fuzzy. Logika fuzzy merupakan salah satu metode untuk melakukan analisis sistem yang mengandung ketidakpastian. Pada penelitian ini digunakan metode mamdani. Dari hasil penelitian dengan menggunkaan metode Max-Min maka pegawai merasa lebih puas karena penetuan gaji memiliki krateria. Dari analisis yang telah dilakukan maka penentuan gaji pegawai menjadi lebih objektif dan efektif



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Surbakti, A. B. (2016). Penerapan Fuzzy Mamdani Max-Min Dalam Pengembangan Sistem Informasi Penentuan Gaji Pegawai Pada Sekolah Tinggi Teknik Poliprfesi. Jurnal Eksplora Informatika, 3(2), 161-170. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/44
Section
Articles

References

Hariandja, Marihot T.E, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Grasindo.

Hasibuan, Malayu S.P, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Handoko, H. (1997). Manajjemen Personalliia Dan Sumber Daya Manusiia,, Badan Pengkajian Fakultas Ekonomi UGM, Yogyakarta.

IkaAyuningtiyasKurnianti, Saptono Fajar, Hidayat Taufiq. (2007). Sistem pendukung keputusan penanganan kesehatan balita menggunakan penalaran fuzzy mamdani.SNATI 2007.

Abou A.E,. Barakat,. Sherif Ebrahim dan Awad. (2011). A Fuzzy Decision Support System for Management of Breast Cancer. International Journal Of Advanced Computer Science and Application. Vol 2 No 3 pp 35.

Wulandari,F., (2005). Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Teori Fuzzy untuk mengembangkan suatu Produk Baru. Jurnal sains Vol 2. No 2. pp 62-6.

Kusumadewi, S, Purnomo. (2004).Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta

Turban, E..,Aronson, JE., dan Liang, T.P2005. Decision Support and Expert System: Management Support System. Englewood Cliffs, N.J. Prentice Hall. Hal-53

Hamdani. (2011). Penerapan Himpunan Fuzzy Untuk Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Telephone Cellular. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol 6 No 1 pp 40-66.

Arwan Ahmad, Khoiruddin, (2008), Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Associative Memory, SNATI, Yogyakarta.