Aplikasi Pemesanan Banten Berbasis Web dan SMS Gateway

Main Article Content

Ni Luh Ayu Kartika Yuniastari Sarja
I Wayan Satya Dharmawan
I Putu Adi Kusumantara

Abstract

Masyarakat Hindu di Bali merupakan umat yang memegang erat budaya, hal ini diperlihatkan dengan upacara keagamaan yang sangat sering. Seiring berkembangnya zaman,  tentunya umat Hindu di Bali tidak dapat hanya berkonsentrasi pada upacara, melainkan juga harus fokus pada karir yang sedang dijalani. Hal tersebut menjadi dilema bagi kebanyakan umat, karena mereka tidak dapat meninggalkan perkerjaan hanya untuk menyiapkan sarana upacara yang biasa disebut banten. Untuk membantu umat Hindu di Bali, maka diperlukan sebuah sistem yang yang menghubungkan antara penjual banten dengan pembeli tanpa perlu meluangkan waktu untuk bertatap muka. Dengan beberapa metode yang digunakan seperti observasi, serta metode pembuatan sistem dengan data flow diagram, diharapkan sistem yang akan dibuat dapat sesuai dengan permasalahan yang timbul. Sehingga nantinya sistem informasi SMS Gateway dan Website dapat menjadi sarana bagi pembeli untuk memesan banten tanpa harus membuang-buang waktu untuk membeli banten secara langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sarja, N. L. A. K. Y., Satya Dharmawan, I. W., & Adi Kusumantara, I. P. (2016). Aplikasi Pemesanan Banten Berbasis Web dan SMS Gateway. Jurnal Eksplora Informatika, 3(1), 7-16. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/40
Section
Articles

References

Arifin,Z dan Smitdev Community (2008). 36 Menit Belajar Komputer: Php Dan Mysql. Jakarta:PT Alex Media Komputindo.

Fatta, Hanif All (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : ANDI.

Ibrahim, Suhaimi dkk (1999). Kejuruteraan perisian. Johor Darul Ta’zim, Malaysia : Muapakat Jaya Percitakan SDN.BHD.

Komputer, Wahana (2010). ShortCourse Series : SQL Server 2008 Express. Yogyakarta : ANDI.

Kusrini (Amikom Yogyakarta) dan Koniyo, Andri (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akutansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta : ANDI.

Kuswayatno, L (2007). Mahir dan Terampil Berkomputer Kelas XI Jilid 2. Bandung : Grafindo.

Purnamasari, C, Sinamora, S.N.M.P, dan Susanti, F, “Implementasi Sms Gateway Dalam Solusi Penyediaan Laporan Peserta Didik Kursus” Jurnal Politeknik Telkom, Program Studi Teknik Komputer, Politeknik Telkom Bandung, 2010.

Sakur, S.B (2005). Aplikasi Web Database dengan Dreamweaver MX 2004. Yogyakarta : ANDI.

Simarmata, Janner (2010). Rekayasa Web. Yogyakarta : ANDI.

Wijayananda, Ida Pandita Mpu Jaya (2004). Makna Filosofi Upacara dan Upakara. Surabaya : Paramita.

Wikarman, Drs I Nyoman Singgin (1999). Mlaspas dan Ngenteg Linggih Maksud dan Tujuannya. Surabaya : Paramita.