Pengembangan Model E-Commerce Untuk Peningkatan Kinerja UKM Kota Denpasar

Main Article Content

Evi Triandini
Yohanes Priyo Atmojo

Abstract

UKM memiliki peranan terhadap peningkatan produk domestik bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Pemerintah dan swasta diharapkan ikut memberikan perhatian dan inisiatif yang lebih dalam pengembangan UKM, sehingga UKM diharapkan mempunyai daya saing yang tinggi. Penggunaan teknologi diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang kompetitif tersebut. Salah satu jenis implementasi teknologi dalam hal meningkatkan persaingan bisnis dan penjualan produk adalah dengan menggunakan electronic commerce (e-commerce) untuk memasarkan berbagai macam produk atau jasa, baik dalam bentuk fisik maupun digital. UKM di Denpasar, Bali, memerlukan e-commerce yang dapat mendukung aktivitas bisnisnya. Untuk memenuhi keperluan tersebut diperlukan model e-commerce yang sesuai bagi UKM Denpasar, Bali. Metode structural equation modeling (SEM) digunakan untuk membentuk model e-commerce. Faktor manajerial, faktor lingkungan dan kultur organisasi mempengaruhi perencanaan strategi UKM terhadap penggunaan e-commerce. Perencanaan strategi berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Model ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang model e-commerce yang dapat membantu UKM untuk menjalankan aktivitas bisnisnya. Model tersebut akan digunakan sebagai dasar untuk pengembanganaplikasi e-commerce pada penelitian selanjutnya.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Triandini, E., & Priyo Atmojo, Y. (2016). Pengembangan Model E-Commerce Untuk Peningkatan Kinerja UKM Kota Denpasar. Jurnal Eksplora Informatika, 3(2), 111-118. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/37
Section
Articles

References

Vincent . R, O. Folorunso, A. T. Akinwale, and A. D. Akinde, “Transaction Flow in Card Payment Systems Using Mobile Agents,” Interdiscip. J. Inf. Knowl. Manag., vol. 5, 2010.

E. Turban, Introduction to Electronic Commerce, 2nd ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall, 2009.

Y. Rianto, E. Aminullah, C. Laksani, D. Prihadyanti, B. Triyono, and L. . Handoko, Peta dan Strategi Adopsi teknologi Informasi di UKM Manufaktur. Jakarta: LIPI Press, 2007.

“Data UMKM Sandingan Tahun 2011,” Kementerian Koperasi dan UKM, Indonesia, 2011.

N. Al-Qirim, “The adoption of eCommerce communications and applications technologies in small businesses in New Zealand,” Electron. Commer. Res. Appl., vol. 6, pp. 462–473, 2007.

N. Al-Qirim, Electronic Commerce in Small to Medium-Sized Enterprises: Frameworks, Issues and Implications,. USA: IDEA Group Publishing, 2004.

F. Wahid and L. Iswari, “Information Technology Adoption by Small and Medium Enterprises in Indonesia,” in The National Seminar on Information Technology Application, Yogyakarta, 2007, pp. 75–79.

R. Govindaraju and D. R. Chandra, “E-commerce adoption by Indonesian small, medium, and micro enterprises (SMMEs): Analysis of goals and barriers,” in 2011 IEEE 3rd International Conference on Communication Software and Networks (ICCSN), 2011, pp. 113 –

E. Triandini, “Pemanfaatan E-Commerce Untuk Meningkatkan Pemasaran Produk UKM (Usaha Kecil Menengah) Denpasar,” presented at the Seminar Nasional Hasil Penelitian 2011, Politeknik Negeri Bali, 2011.

J. Bao and X. Sun, “A Conceptual Model of Factors Affecting e-Commerce Adoption by SMEs in China,” in 2010 Fourth International Conference on Management of e-Commerce and e-Government (ICMeCG), 2010, pp. 172 –175.

S. Effendi, Metode Penelitian Survei, Revisi. Jakarta: LP3ES, 2012.

U. Sekaran, Research Methods for Business, A Skill Building Approach, 2nd ed. New York: John Wiley n Sons, 1992.