Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jabatan Struktural Menggunakan Metode Promethee

Main Article Content

Gunawan Ali

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari metode Promethee yang diimplementasikan dalam sistem pendukung keputusan menentukan jabatan struktural pada STIKES Dharmasraya. Data dikumpulkan melalui observasi dan interview yang dilakukan di bagian administrasi akademis pada STIKES Dharmasraya dan Yayasan yang bersangkutan. Selanjutnya data  dianalisa untuk mempelajari pola dari metode  Promethee. Dengan  menggunakan metode Promethee, menentukan jabatan struktural pada STIKES Dharmasraya dalam kasus pemilihan Ketua Program Studi S1 Keperawatan yang terdiri dari multi kriteria dan multi alternatif menjadi lebih mudah diselesaikan. Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Promethee ini diharapkan menghasilkan keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Dalam penelitian ini, setelah diimplementasikan pada aplikasi didapatkan hasil prioritas yang akan dipilih untuk menjabat Ketua Program Studi S1 Keperawatan adalah alternatif A01

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ali, G. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jabatan Struktural Menggunakan Metode Promethee. Jurnal Eksplora Informatika, 2(2), 181-192. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/34
Section
Articles

References

Hafsah, Frans Richard Kodong, Alain Julian. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Hotel dengan Menggunakan Metode Promethee dan AHP. Seminar Nasional Informatika. 2011;ISSN: 1979-2328.

Riyani, Awang Harsa Kridalaksana, Ahmad Rofiq Hakim. Sistem Pendukung Keputusan Sertifikasi Badan Usaha Pelaksana Jasa Konstruksi Pada BPD GAPENSI Kaltim. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol 5 No. 1 Februari 2010.

Vivi Triyanti dan M.T. Gadis. Pemilihan Supplier Untuk Industri Makanan Menggunakan Metode Promethee. Journal Of Logistics and Supply Chain Management. Vol. 1 No. 2 June 2008 : 83 : 92. Jurusan Teknik Industri Unika Atma Jaya.

Jean-Pierre Brans and Bertrand Mareschal. How to Decide with PROMETHEE. ULB and VUB Brussels Free Universities http://smg.ulb.ac.be.

Marthin A.Tahapary, Abdul Syukur. Sistem Pendukung Keputusan Kelaikan Terbang Pada Helicopter Model Bell 205 A-1 Pusat Penerbangan TNI AD. Jurnal Teknologi Informasi, Volume 6 Nomor 1, April 2010, ISSN 1414-9999.