Menentukan Kecenderungan Dan Karakter Seseorang Dengan Sistem Pakar Menggunakan Tekhnik Backward Chaining Menerapkan Prinsip Experiental Learning
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini merupakan sebuah penelitian yang yang membahas tentang sistem pakar di bidang psikologi, dalam ruanglingkup yang lebih kecilnya, sistem ini dirancang untuk mengetahui karakteristik yang ada dalam diri seseorang, sistem ini dikembangkan berdasarkan kepakaran seorang pakar psikologi, yang menemukan sebuah metode, yakni metode Experiental learning, dimana pada metode ini, memetakan gaya belajar seseorang kedalam empat buah kutub kecenderungan, dan dari keempat kutub kecenderungan ini akan menghasilkan empat kutub gaya belajar terbaik yang dimiliki seseorang, pada penelitian ini, sistem yang dikembangkan menggunakan metode backward chaining untuk mendapatkan kecenderungan dan karakteristik seseorang.
Article Details
Section
Articles
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
How to Cite
Menentukan Kecenderungan Dan Karakter Seseorang Dengan Sistem Pakar Menggunakan Tekhnik Backward Chaining Menerapkan Prinsip Experiental Learning. (2016). Jurnal Eksplora Informatika, 2(2), 159-168. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/32
References
Curtis Kelly, David Kold, The Theory of Experiental Learning and ESL, The TEST Journal,Vol. III , No. 9, September 2007
Ponle Gideon Adetunji, An Evaluation Of David Kolb’s Theory Of Learning Styles, Illorin Journal Of Education, Dean Academic Affairs, Ogbomoso, Oyo State.
Hanjono. Andreas dan Irawan. M. Isa, Perancangan dan pembuatan sistem Pakar Untuk Permasalahan Tindak Pidana Terhadap Harta Kekayaan, Jurnal Informatika Volume 5, Nomor 1, Mei 2004: 32 – 38
Rohman. Feri Fahrur dan Fauzijah. Ami, Rancangan Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak, Media Informatika, Vol. 6, No. 1 Juni 2008, 1 – 23.
Sedana. I Gusti Nyoman, Wijaya. St Wisnu, Penerapan Model UTAUT Untuk Memahami Penerimaan dan Penggunaan Learning Management System, Jurnal Sistem Informasi MTI UI, Volume 5, Nomor 2, ISBN 1412 – 8896
Ponle Gideon Adetunji, An Evaluation Of David Kolb’s Theory Of Learning Styles, Illorin Journal Of Education, Dean Academic Affairs, Ogbomoso, Oyo State.
Hanjono. Andreas dan Irawan. M. Isa, Perancangan dan pembuatan sistem Pakar Untuk Permasalahan Tindak Pidana Terhadap Harta Kekayaan, Jurnal Informatika Volume 5, Nomor 1, Mei 2004: 32 – 38
Rohman. Feri Fahrur dan Fauzijah. Ami, Rancangan Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak, Media Informatika, Vol. 6, No. 1 Juni 2008, 1 – 23.
Sedana. I Gusti Nyoman, Wijaya. St Wisnu, Penerapan Model UTAUT Untuk Memahami Penerimaan dan Penggunaan Learning Management System, Jurnal Sistem Informasi MTI UI, Volume 5, Nomor 2, ISBN 1412 – 8896