Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Pada Pemrograman Java Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Orang Dewasa
Main Article Content
Abstract
Mengajarkan bahasa pemrograman, khususnya bahasa pemrograman Java, kepada mahasiswa membutuhkan teknik dan metode pengajaran yang tepat sehingga mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan. Pemahaman materi yang diharapkan tidak hanya pemahaman secara teori saja, tetapi juga keahlian secara praktik. Salah satu metode pengajaran yang coba diterapkan yaitu metode pembelajaran orang dewasa. Metode ini dianggap tepat karena mahasiswa sebagai subyek pengajaran dianggap sebagai orang dewasa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran orang dewasa ini, mahasiswa dapat meraih hasil belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi bahasa pemrograman Java yang diberikan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Budiardjo, Lily, 2005, Hakikat Metode Instruksional, PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.
Pannen, Paulina, Ida Malati Sadjati, 2005, Pembelajaran Orang Dewasa, PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.
Purbaningtyas, Rani, 2007, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Terhadap Materi Testing Sistem Informasi, Jurnal Ilmiah INOVASI Politeknik Negeri Jember Vol. 7 No. 2 edisi Mei-Agustus 2007, Politeknik Negeri Jember, Jember.
Suparno, 2005, Problem Based Instruction (Pembelajaran Berbasis Masalah), Jurnal Sains dan Edukasi Vol. 3 No. 2 Juli 2005, Lembaga Penelitian IKIP PGRI Jember, Jember.
Utami, Elok Sri, 2006, Penerapan Metode Simulasi Role Playing Pada Pembelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Skills, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol VII Nomer 3 Nopember 2006, Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Jember, Jember.
Winataputra, Udins S, 2005, Pembelajaran Orang Dewasa, PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.