Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Pada Pemrograman Java Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Orang Dewasa

Main Article Content

Rani Purbaningtyas

Abstract

Mengajarkan bahasa pemrograman, khususnya bahasa pemrograman Java, kepada mahasiswa membutuhkan teknik dan metode pengajaran yang tepat sehingga mahasiswa dapat memahami materi yang diberikan. Pemahaman materi yang diharapkan tidak hanya pemahaman secara teori saja, tetapi juga keahlian secara praktik. Salah satu metode pengajaran yang coba diterapkan yaitu metode pembelajaran orang dewasa. Metode ini dianggap tepat karena mahasiswa sebagai subyek pengajaran dianggap sebagai orang dewasa. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran orang dewasa ini, mahasiswa dapat meraih hasil belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik terhadap materi bahasa pemrograman Java yang diberikan.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Purbaningtyas, R. (2016). Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Pada Pemrograman Java Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Orang Dewasa. Jurnal Eksplora Informatika, 2(2), 129-134. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/28
Section
Articles

References

Budiardjo, Lily, 2005, Hakikat Metode Instruksional, PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.

Pannen, Paulina, Ida Malati Sadjati, 2005, Pembelajaran Orang Dewasa, PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.

Purbaningtyas, Rani, 2007, Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mahasiswa Terhadap Materi Testing Sistem Informasi, Jurnal Ilmiah INOVASI Politeknik Negeri Jember Vol. 7 No. 2 edisi Mei-Agustus 2007, Politeknik Negeri Jember, Jember.

Suparno, 2005, Problem Based Instruction (Pembelajaran Berbasis Masalah), Jurnal Sains dan Edukasi Vol. 3 No. 2 Juli 2005, Lembaga Penelitian IKIP PGRI Jember, Jember.

Utami, Elok Sri, 2006, Penerapan Metode Simulasi Role Playing Pada Pembelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Skills, Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Vol VII Nomer 3 Nopember 2006, Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Jember, Jember.

Winataputra, Udins S, 2005, Pembelajaran Orang Dewasa, PAU-PPAI Dirjen Dikti Depdiknas, Jakarta.