Game Edukasi Kewirausahaan Berbasis Animasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Siswa SMK

Main Article Content

Supriyanto -
Yulian Findawati

Abstract

Saat ini belum adanya alternatif  bahan ajar kewirausahaan selain text book kewirausahaan. Dalam penelitian ini penulis akan game edukasi kewirausahaan  sebagai alternatif bahan ajar. Game edukasi  ini menggunakan pendekatan Problem Based Learning  berupa metode belajar yang menggunakan masalah  sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dan beraktifitas secara nyata (Autentik). Dimana pendekatan Problem Based Learning  ini akan dibangun dalam bentuk multimedia interaktif  game edukasi menggunakan software Macromedia Flash MX.  Sesuai dengan istilah yang digunakan, game edukasi yang diimplementasikan ke dalam bentuk game ini merupakan sebuah game yang terdiri atas beberapa level, para pemain diajak untuk memerankan tokoh/karakter wirausaha  yang akan mengetahui permasalahan di dalam kewirausahaan yaitu analisa kelayakan usaha Break Event Point dan Kelayakan strategi tempat serta pelayanan  customer. Sehingga dengan bermain Game siswa mampu melatih kontrol diri, bersikap sportif, melatih kecerdasan, kreatifitas, kelogikaan dan reflek saraf.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
-, S., & Findawati, Y. (2011). Game Edukasi Kewirausahaan Berbasis Animasi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bagi Siswa SMK. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 63-72. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/202
Section
Articles

References

Duch, B. (1995) What is problem-based learning? About Teaching 47. Available at www.udel.edu/pbl/cte/jan95–what.html

Galbraith, J. K. 1967. The New Industrial State A signed Book. Library Inc.New York

Handriyantini, E. 2009. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Tinggi Informasi & Komputer Indonesia. Malang

Renstra Kementrian Pendidikan Nasional 2010-2014

Sukarman. 1988. Sumbangan Media Massa Khususnya Surat Kabar terhadap Pelajaran Ekonomi pada SMA di Propinsi DIY. Disertasi. Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Malang

Trianto.(2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik.Jakarta. Prestasi Pustaka