Business Impact Analysis Sistem Dan Jaringan Komputer Menggunakan Metode Network Security Assessment

Main Article Content

I Gede Putu Krisna Juliharta

Abstract

Pemerintah Kota Denpasar merupakan institusi atau organisasi yang memberikan pelayan terhadap masyarakat Denpasar dan merupakan perpanjangan dari Pemerintah pusat. Dalam proses pelayanan Pemerintah Kota Denpasar menggunakan jaringan dan internet. Dengan penerapan jaringan, pelayanan bisa dilakukan dengan sistem pelayanan â€satu atapâ€,  koordinasi antara instansi juga dapat dilakukan dengan cepat, yang berdampak positif terhadap proses pelayanan kepada masyarakat. Hingga saat ini pengelolaan teknologi informasi (TI) di Pemerintah Kota Denpasar belum terkelola dengan baik, salah satunya analisa Business Impact Analysis Belum pernah dilakukan. Agar penggunaan teknologi di Pemerintah Kota Denpasar dapat berjalan secara efektif, Pemerintah Kota Denpasar perlu melakukan business impact analysis terhadap penerapan jaringan komputer dan teknologi informasi yang telah digunakan. Salah satu cara adalah dengan melakukan penilaian terhadap jaringan komputer Pemerintah Kota Denpasar menggunakan metode network security assessment. Proses tersebut meliputi network reconnaissance, bulk network scanning and  probing, dan investigasi vulnerability.Dari hasil network security assessment tersebut proses dilanjutkan ke tahapan business impact analysis. Hasil dari proses business impact analysis, didapatkan kesimpulan bahwa dalam penerapan jaringan komputer Pemerintah Kota Denpasar menunjukkan sistem yang ada di dalam jaringan Pemerintah Kota Denpasar memiliki vulnerability dengan rata rata sebanyak 15, 8 vulnerability dan dari 6 server yang dilakukan Business Impact Analysis terdapat 4 server memiliki peringkat resiko critical atau high, yaitu server Email, Eproc, SIPKD, dan Simpeg. Untuk saran penelitian selanjutnya business impact analysis dapat melakukan perhitungan kuantitatif, dan hasil dari business impact analysis dapat dijadikan acuan untuk membangun disaster recovery planning.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Krisna Juliharta, I. G. P. (2011). Business Impact Analysis Sistem Dan Jaringan Komputer Menggunakan Metode Network Security Assessment. Jurnal Eksplora Informatika, 2(1), 89-100. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/201
Section
Articles

References

Hanif Al-Fatta. “Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”. Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Adi Nugroho. “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data”. Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Munawar. “Pemodelan Visual Dengan UML”. Yogyakarta. 2005.

Prabowo Pudjo Widodo. “Menggunakan UML”. Informatika, Bandung, 2011.

Prabowo Pudjo Widodo. “Menggunakan UML”. Informatika, Bandung, 2011.

Kroll. P, Phillipe Kruchten. “The Rational Unified Process Made Easy:A Practitioner’s Guide to the RUP. Pearson Education”. Boston, MA. 2003.

Abdul Kadir. “Dasar Pemrograan Web Dinamis Menggunakan PHP”, 2008, Andi Offset.

Budi Raharjo, Imam Heryanto, Enjang RK. “Modul Pemrograman Web”. Modula, Bandung, 2010.

Oleh Sholeh. “SQL sebagai Konsep Pembuatan Sistem Database”, 2006, Jurnal Cyber.