Perancangan Sistem Informasi Absensi Staf dan Guru Pada SMA Bina Insani Berbasis Web

Main Article Content

Syarah -
Sri Rahayu
Arie Fiyan Wira Wisena

Abstract

Dunia Teknologi Informasi yang semakin berkembang dari tahun ke tahun menuntut kita untuk selalu melangkah maju dan mengikuti perkembangan tersebut. Demikian juga dengan SMA Bina Insani yang dituntut untuk selalu berinovasi dalam menghadapi era persaingan yang semakin pesat saat ini. Penelitian yang dilakukan pada SMA Bina Insani ini berfokus pada Sistem absensi staf dan guru. Berdasarkan analisa sistem yang sedang berjalan diperoleh hasil bahwa sistem yang ada saat ini masih terdapat sejumlah kekurangan dan masih memerlukan banyak pengembangan lagi. Sistem yang ada juga belum terintegrasi dan sebagian proses masih dikerjakan secara manual, sehingga informasi yang dihasilkan belum akurat, proses pengelolaan data sampai dengan laporan lama, belum adanya keamanan data yang memadai. Untuk memecahkan permasalahan tersebut diperlukan sebuah sistem informasi yang mampu mengolah data yang terstruktur, terlebih untuk jumlah data yang besar, yang dapat membantu proses pengambilan keputusan yang tepat untuk Kepala Sekolah. Analisa sistem informasi dilakukan melalui tahapan analisis, kemudian merancang Sistem yang akhirnya dapat menjadi solusi dari permasalahan user dalam Sistem Absensi ini. Hasil rancangan Sistem digambarkan dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan diaplikasikan dengan bahasa pemrograman berbasis web.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
-, S., Rahayu, S., & Wira Wisena, A. F. (2011). Perancangan Sistem Informasi Absensi Staf dan Guru Pada SMA Bina Insani Berbasis Web. Jurnal Eksplora Informatika, 2(1), 81-88. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/200
Section
Articles

References

Hanif Al-Fatta. “Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”. Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Adi Nugroho. “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data”. Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Munawar. “Pemodelan Visual Dengan UML”. Yogyakarta. 2005.

Prabowo Pudjo Widodo. “Menggunakan UML”. Informatika, Bandung, 2011.

Prabowo Pudjo Widodo. “Menggunakan UML”. Informatika, Bandung, 2011.

Kroll. P, Phillipe Kruchten. “The Rational Unified Process Made Easy:A Practitioner’s Guide to the RUP. Pearson Education”. Boston, MA. 2003.

Abdul Kadir. “Dasar Pemrograan Web Dinamis Menggunakan PHP”, 2008, Andi Offset.

Budi Raharjo, Imam Heryanto, Enjang RK. “Modul Pemrograman Web”. Modula, Bandung, 2010.

Oleh Sholeh. “SQL sebagai Konsep Pembuatan Sistem Database”, 2006, Jurnal Cyber.