Implementasi Agresive Mobile Learning Menggunakan Notifikasi Email, RSS dan SMS Berbasiskan MLE
Main Article Content
Abstract
Belajar bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Hal ini dapat dilakukan karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Para pertumbuhan pengguna ponsel juga memiliki peran dalam mengubah gaya belajar siswa dari-berbasis desktop ke ponsel berbasis. Ada e-learning teknologi tampaknya pasif karena hanya menunggu sampai siswa atau guru untuk login. Desain Manajemen Pembelajaran Sistem agresif (LMS) ini bertujuan untuk memberikan notifikasi kepada pengguna ketika ada penambahan, update, dan penghapusan materi dalam bentuk kursus, forum, chatting, wiki atau bahan lainnya. Pemberitahuan akan dikirim sebagai Short Message Service (SMS), Really Simple Syndication (RSS) dan surat elektronik (e-mail) kepada pengguna. Rancangan sistem ini akan menggunakan teknologi layanan web sederhana untuk membuat komunikasi antara server LMS di web hosting dengan server SMS yang berada pada komputer lokal.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
N. Cavus, H. Uzunboylu, A COLLABORATIVE MOBILE LEARNING ENVIRONMENTAL EDUCATION SYSTEM FOR STUDENTS, CIMCA 2008, IAWTIC 2008, and ISE 2008
S.J.H. Yang, “Context aware ubiquitous learning environments for peer-to-peer collaborative learningâ€, Educational Technology & Society, 9(1) (2006), pp. 188-201.
R. Ling, and Vaage, O. F. â€Internet og mobiltelefon: Ikke lenger bare for de fÃ¥â€, Samfunnspeilet, 6 (2000), Statistisk sentralbyrÃ¥.
M. Divitini, O.K. Haugalokken, and P.A. Norevik, Improving communication through mobile technologies: Which possibilities? Paper presented at the IEEE International Workshop on Wireless and Mobile Technologies in Education, 2002, Växjö, Sweden.
S. Hegarty, “Can’t live with them, can’t live without themâ€, Irish Times, (2004), p. 17, Dublin, Ireland
F. Chen, B. Myers, and D. Yaron, Using handheld devices for tests in classes, (July 2000), Tech. Rep. CMUCS-00-152, Carnegie Mellon University School of Computer Science, and Tech. Rep. CMU-HCII-00-101, Human Computer Interaction Institute.
J. Roschelle, and R. Pea, “A walk on the WILD side: How wireless handhelds may change CSCLâ€. In G. Stahl (Ed.). Proceedings of Computer Support for Collaborative Learning, 2002, Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum & Associates.
M. Muhlhauser, and C. Trompler, Learning in the digital age: Paving a smooth path with digital lecture halls. In IEEE 35th Hawaii International Conference on System Sciences, 2002, Hawaii.