Perancangan Sistem Informasi Konversi Mata Kuliah Pada Perguruan Tinggi

Main Article Content

Augury El Rayeb
Sri Rahayu
Destia Hidayati

Abstract

Di era globalisasi saat ini kebutuhan kualitas sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi sangatlah diperlukan. Oleh karena itu penerapan kurikulum yang baik serta melingkupi seluruh aspek yang mendukung sangat penting diterapkan sebagai salah satu aspek pada sebuah institusi pendidikan. Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Kurikulum dimaksudkan untuk dapat mengarahkan pendidikan menuju arah dan tujuan yang dimaksudkan dalam kegiatan pembelajaran secara menyeluruh. Karena kurikulum pada setiap perguruan tinggi berbeda-beda, maka dibutuhkan sistem yang dapat menyetarakan atau mengkonversi mata kuliah. Sistem konversi atau penyetaraan mata kuliah dilakukan pada mahasiswa transfer, baik dari jenjang Diploma ke Sarjana ataupun dari Perguruan Tinggi yang satu ke Perguruan Tinggi lainnya. Dengan adanya sistem konversi mata kuliah pada Perguruan Tinggi maka akan memudahkan pihak Perguruan Tinggi untuk menyetarakan mata kuliah pada kurikulum yang lama ke kurikulum yang baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rayeb, A., Rahayu, S., & Hidayati, D. (2011). Perancangan Sistem Informasi Konversi Mata Kuliah Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Eksplora Informatika, 1(1), 88-97. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/179
Section
Articles

References

Hanif Al-Fatta. “Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”. Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Jogiyanto Hartono. “Analisis dan Disain Sistem Informasi”. Jakarta. 2008.

Munawar. “Pemodelan Visual Dengan UML”. Yogyakarta. 2005.

A. Suhendar dan Hariman Gunadi. “Visual Modeling menggunakan UML dan Rational Rose”, 2002, Penerbit Informatika Bandung.

Nugroho Adi. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metoda Berorientasi Objek”, 2005.

Kroll. P, Phillipe Kruchten. “The Rational Unified Process Made Easy:A Practitioner’s Guide to the RUP. Pearson Education”. Boston, MA. 2003.

Abdul Kadir. “Dasar Pemrograan Web Dinamis Menggunakan PHP”, 2008, Andi Offset.

Padeli. “PHP dapat berjalan di berbagai Platform dari Linux hingga Windows”, 2004, Jurnal Cyber.

Oleh Sholeh. “SQL sebagai Konsep Pembuatan Sistem Database”, 2006, Jurnal Cyber.

Tri Kuntoro Priyambodo, Untung Rahardja. “Pengontrolan Mutu Sistem Informasi Dengan Metode Database Self Monitoring”. 2008; Journal CCIT, Tangerang.