Perancangan Sistem Informasi Kepangkatan Dosen Pada Perguruan Tinggi

Main Article Content

Augury El Rayeb
Djoko Soetarno
Sri Rahayu

Abstract

Kemajuan Teknologi Informasi yang mengalami perkembangan setiap waktu menuntut kita untuk selalu melangkah maju dan mengikuti perkembangan tersebut. Demikian pula dengan Perguruan Tinggi yang khususnya bergerak di bidang komputer yang dituntut untuk selalu berinovasi dalam menghadapi era persaingan yang semakin pesat saat ini. Dengan adanya kemajuan teknologi, maka sistem informasi yang ada di Perguruan Tinggi harus memadai dan menghasilkan informasi yang sangat berguna. Masalah umum yang dihadapi pada sistem kepangkatan dosen pada Perguruan Tinggi kurang adanya informasi yang akurat, ,cepat dan tepat. Pada penelitian ini akan disajikan pembahasan tentang landasan dan tahapan dalam menganalisa dan modeling Sistem Kepangkatan Dosen dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi Sistem yang berbasiskan web ini akan diimplementasikan menggunakan PHP. Diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan acuan dalam meningkatkan kinerja kegiatan operasional khususnya pada bagian Administrasi Dosen di Perguruan Tinggi dalam penyediaan informasi strategis guna memenuhi pengambilan keputusan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rayeb, A., Soetarno, D., & Rahayu, S. (2011). Perancangan Sistem Informasi Kepangkatan Dosen Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Eksplora Informatika, 1(1), 65-74. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/177
Section
Articles

References

Hanif Al-Fatta. “Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern”. Andi Offset, Yogyakarta, 2007.

Jogiyanto Hartono. “Analisis dan Disain Sistem Informasi”. Jakarta. 2008.

Munawar. “Pemodelan Visual Dengan UML”. Yogyakarta. 2005.

Nugroho Adi. “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metoda Berorientasi Objek”, 2005.

A. Suhendar dan Hariman Gunadi. “Visual Modeling menggunakan UML dan Rational Rose”, 2002, Penerbit Informatika Bandung.

Kroll. P, Phillipe Kruchten. “The Rational Unified Process Made Easy:A Practitioner’s Guide to the RUP. Pearson Education”. Boston, MA. 2003.

Abdul Kadir. “Dasar Pemrograan Web Dinamis Menggunakan PHP”, 2008, Andi Offset.

Padeli. “PHP dapat berjalan di berbagai Platform dari Linux hingga Windows”, 2004, Jurnal Cyber.

Oleh Sholeh. “SQL sebagai Konsep Pembuatan Sistem Database”, 2006, Jurnal Cyber.

Tri Kuntoro Priyambodo, Untung Rahardja. “Pengontrolan Mutu Sistem Informasi Dengan Metode Database Self Monitoring”. 2008; Journal CCIT, Tangerang.