Performance Evaluation of Information Technology Investment at PT. ATPF

Main Article Content

Yanti Yanti
Stevenie Stevenie
Jessica Annastasia
Shintia Dewi

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui nilai ekonomis investasi TI yang dilakukan, tingkat pengembalian investasi TI, dan dampaknya terhadap kinerja perusahaan. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kepustakaan, dengan cara mengumpulkan data dan informasi melalui membaca dan mempelajari buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan masalah dalam penulisan tulisan ini, melakukan survei dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara. Selain itu, penulis juga menggunakan metode analisis Information Economics. Information Economics bertujuan untuk melakukan analisis investasi atas pengimplementasian sistem online trading perdagangan berjangka pada perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah tingkat pengembalian dari investasi yang telah dilakukan serta penilaian kinerja investasi TI berdasarkan analisa terhadap Business Domain dan Technology Domain. Kesimpulan dari penelitian ini adalah investasi TI yang dilakukan oleh perusahaan menghasilkan return bagi perusahaan dan berkinerja baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yanti, Y., Stevenie, S., Annastasia, J., & Dewi, S. (2011). Performance Evaluation of Information Technology Investment at PT. ATPF. Jurnal Eksplora Informatika, 1(1), 32-40. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/174
Section
Articles

References

Journal:

Eddy, I. R Young, M.S Young, M. Rantetana. (2008). Analisis Sistem Informasi pada PT XYZ menggunakan perangkat Information Economics (IE). Jurnal Piranti Warta, volume (11), pp-390.

Texbooks:

Fitzpatrick, Edmund W. (2005). IT Portfolio Management : Maximizing The Return on Information Technology Investments. 7 Marketree Court, Gaithersburg.

O’Brien, JA. (2005). Introduction to Information Systems : Pengantar Sistem Informasi Perspektif Bisnis danMmanajerial. (12th edition). Salemba Empat, Jakarta.

Parker, Marilyn M., Benson, Robert J., Trainor, H.E. (1988). Information Economics :Linking Business Performance to Information Technology. Prentice Hall, New Jersey.

Reily, Frank K., Brown, Keith C. (2006). Investment Analysis and Portfolio Management. (8th Edition). Thompson Learning, Ohio.

Remenyi, D., Money, A., Twite, A. (2007). The Effective measurement and Management of IT Costs and Benefits. Butterworth-Heinemann Ltd., London.

Schniederjans, Mare J., Jamie L. Hamaker, Ashyln M. Schniederjans. (2005). Information Technology Investment : Decision-Making Methodology. World Scientific Publishing co. Pte. Ltd., Singapore.

Simamora, Henry. (2002). Akuntansi Manajemen. (2nd edition). UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

Sutojo, Siswanto. (2000). Studi Kelayakan Proyek : Konsep, Teknik, dan Kasus. PT. Damar Mulia pustaka, Jakarta.

Turban, Efraim, Rainer, R.Kelly, dan Potter, Richard E..(2001). Introduction to Information Technology. John Wiley & Sons, US America.

Whitten, Jeffrey L., Bentley, Lonnie. D. (2007). Systems Analysis and Design for the Global Enterprise. 7th Edition. McGraw Hill, New York.