Penggunaan Algoritma FMADM Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Penerima Bantuan Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Tidak Mampu Pada Yayasan Rumah Singgah XYZ

Main Article Content

Shofwan Hanief

Abstract

Sesuai dengan parameter yang telah ditetapkan oleh yayasan Rumah Singgah XYZ, maka diperlukan suatu kriteria-kriteria yang ditetapkan untuk menentukan penerima dana bantuan yang diberikan oleh yayasan Rumah Singgah XYZ. Dengan adanya bantuan dana untuk mahasiswa yang tidak ataupun kurang mampu ini yang berasal dari donatur yayasan Rumah singgah XYZ, maka yayasan berkoordinasi dengan aparatur pemerintahan di lingungan yang ada di wilayah Denpasar untuk menentukan siapa yang berhak mendapatkan dana bantuan ini. Untuk membantu dalam menetapkan mahasiswa yang layak menerima dana bantuan dari yayasan Rumah singgah XYZ maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan adalah dengan menggunakan Fuzzy MADM (Multiple Attribute Decission Making).
Mekanisme yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan mencari alternatif terbaik bedasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan dengan mengggunakan metode SAW (Simple Additive Weighting) untuk melakukan perhitungan metode FMADM pada kasus tersebut. Metode ini dipilih untuk menyeleksi alternatif terbaik dari beberapa alternatif yang ada, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah calon peserta berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Penelitian dilakukan dengan mencari nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilakukan proses perangkingan yang akan menentukan alternatif yang optimal, yaitu calon penerima dana bantuan oleh yayasan Rumah Singgah XYZ.
Hasil dari penelitian yang dilakukan ini adalah, mendapatkan 10 mahasiswa/i dari keseluruhan calon penerima dana bantuan beasiswa yang diberikan oleh yayasan Rumah Singgah dengan melakukan perankingan berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dengan menggunakan metode FMADM.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hanief, S. (2011). Penggunaan Algoritma FMADM Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk Seleksi Penerima Bantuan Dana Pendidikan Untuk Mahasiswa Tidak Mampu Pada Yayasan Rumah Singgah XYZ. Jurnal Eksplora Informatika, 1(1), 6-16. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/171
Section
Articles

References

Jurnal :

[1] Henry Wibowo S, Riska Amalia, Andi Fadlun M , Kurnia Arivanty. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Penerima Beasiswa Bank Bri Menggunakan FMADM (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia), Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2009 (Snati 2009) Issn: 1907-5022.

[2] Khoirudin , Akhmad Arwan. ( 2008). SNATI Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelayakan Calon Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional Dengan Metode Fuzzy Associative Memory. Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

Buku teks :

[1] Kusumadewi, Sri., Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM). Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

[2] Kusumadewi, Sri. (2007). Diktat Kuliah Kecerdasan Buatan, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia.

[3] Turban, Efraim. Decision support and expert systems Management support systems (fourth edition). Prentice-Hall International, Inc. 1995.

Internet :

[1] Kusumadewi, Sri. (2005). Pencarian Bobot Atribut Pada Multiple-Attribute Decision Making dengan Pendekatan Objektif Menggunakan Algoritma Genetika. Diakses pada 10 Juni 2010 dari http://cicie.files.wordpress.com/2008/06/srikusumadewi-jurnal-genetika.pdf