Implementasi RESTful Web Service untuk Sistem Penghitungan Suara Secara Cepat pada Pilkada

Main Article Content

Fakhriyan Nur Rofiq
Ajib Susanto

Abstract



Salah satu bentuk demokrasi yang ada di Indonesia adalah pemilihan kepala daerah, atau biasa disebut pilkada, yang dilakukan untuk menentukan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang baru.Dalam menghitung hasil perolehan suara, KPUD sebagai penyelenggara mengikuti tahapan-tahapan yang harus dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia, metode ini dinamakan perhitungan riil.Hasil perolehan suara dari metode inilah yang digunakan oleh penyelenggara pemilihan umum untuk menentukan hasil pilkada.Metode perhitungan riil membutuhkan waktu pengumpulan data yang lama.Dengan memanfaatkan teknologi yang ada saat ini, proses pengumpulan data hasil perolehan suara bisa dilakukan dengan lebih cepat. Penerapan teknologi RESTful webservice pada pengembangan sistem Real-Quick Count rekapitulasi pilkada diharapkan bisa membantu pihak penyelenggara pemilihan dalam proses pengumpulan data hasil pilkada, serta bisa memenuhi kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan informasi terkini mengenai perkembangan proses pemilihan kepala daerah yang sedang berlangsung. Sistem ini menggunakan perangkat berbasis android sebagai sarana untuk mengirimkan data hasil perolehan suara langsung ke server penyimpanan data. Dengan menerapkan enkripsi data perolehan suara dan beberapa tahap validasi, informasi hasil perolehan suara yang didapatkan melalui proses ini diharapkan bisa lebih akurat dan bisa dipertanggungjawabkan.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rofiq, F. N., & Susanto, A. (2017). Implementasi RESTful Web Service untuk Sistem Penghitungan Suara Secara Cepat pada Pilkada. Jurnal Eksplora Informatika, 6(2), 159-168. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/116
Section
Articles

References

R. Munawar, “Diskusi Lepas,” Diskusi Lepas, Senin 07 2014. [Online]. Available: http://www.diskusilepas.com/2014/07/5-perbedaan-quick-count-qc-dan-real.html. [Diakses 27 06 2016].

B. I. Wagearto, “Aplikasi Real Quik Count Untuk Perhitungan Cepat Pemilukada Dengan Menggunakan Konseptual Comprehensive Paralel Vote Tabulation,” Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2013.

N. Eagle dan A. Pentland, “Social Serendipity : Mobilizing Social Software,” MIT Media Library, 2005.

eMarketer, “eMarketer,” 16 September 2015. [Online]. Available: http://emarketer.com/article/Asia Pacific-Boast-More-Than-1-Billion-Smartphone-User/1012984. [Diakses 10 Mei 2016].

IDC, “IDC Analyze the Future,” 11 April 2016. [Online]. Available: http://www.idc.com/getdoc.jsp?containerId=prUS41176916. [Diakses 10 Mei 2016].

A. T. S. Christanto dan R. Kurniawati, “Penerapan Service Oriented Architecture Menggunakan Web Service Pada Aplikasi Perpustakaan Berbasis Android,” Jurnal Buana Informatika, vol. 7, no. 1, pp. 75-82, 2016.

S. Mumbaikar dan P. Padiya, “Web Services Based On SOAP and REST Principles,” International Journal of Scientific and Research Publications, vol. 3, no. 5, 2013.

V. Kumari, “Web Services Protocol: SOAP vs REST,” International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET), vol. 4, no. 5, pp. 2467-2469, 2015.

A. Dudhe dan S. Sherekar, “Performance Analysis of SOAP and RESTful Mobile Web Services in Cloud Environment,” dalam Second National Conference on Recent Trends in Information Security, Nagpur, 2014.

N. Nurseitov, M. Paulson, R. Reynolds dan C. Izurieta, “Comparison of JSON and XML Data Interchange Formats: A Case Study,” Montana State University, Montana, 2009.

A. R. Pradika, “Implementasi Web Service untuk Sinkronasi Data Transkip Nilai Mahasiswa di lingkungan Tata Usaha Fakultas Universitas Dian Nuswantoro,” Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 2016.

R. Fielding, “Architectural Styles and the Design of Network-based Software Architectures,” University of Califormia, Irvine, 2000.

[13] h. B. SYRA, “Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT),” Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi (BPPT), 18 10 2013. [Online]. Available: http://www.bppt.go.id/teknologi-informasi-energi-dan-material/1815-e-rekapitulasi-inovasi-untuk-pemilu-2014. [Diakses 01 11 2016].