Aplikasi Wisata 3D Virtual First Person View(FPV) Pantai Lakban Ratatotok

Main Article Content

Andria K. Wahyudi
Oksan R. Tatangin

Abstract


Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang populer. Di setiap objek wisata pantai tentunya memiliki beragam objek yang tersebar di area pariwisata, oleh karena itu pihak pariwisata wajib menyediakan informasi mengenai objek apa saja yang ada di area pariwisata. Dengan minimnya informasi yang ada di lokasi pariwisata pantai Lakban Ratatotok, serta proses yang masih manual yang kurang interaktif tersebut memberikan peluang untuk membuat suatu aplikasi wisata virtual 3D pada smartphone berbasis Android, yang dapat membantu menyediakan informasi seperti peta lokasi wisata dan objek yang ada di area pariwisata dengan tampilan virtual 3D. Model 3D dari setiap objek yang ada dilokasi pariwisata dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender 3D modeling, scene pada aplikasi dibuat dengan game engine Unity3D. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan proses model Prototyping merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi yang dihasilkan memungkinkan pengguna untuk mengetahui sejarah dan bangunan apa saja yang ada di lokasi wisata Pantai Lakban Ratatotok, serta dapat melakukan eksplorasi lingkungan wisata secara virtual 3D, dengan menggunakan smartphone berbasis Android.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wahyudi, A. K., & Tatangin, O. R. (2017). Aplikasi Wisata 3D Virtual First Person View(FPV) Pantai Lakban Ratatotok. Jurnal Eksplora Informatika, 6(2), 136-145. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/114
Section
Articles

References

“Terbaru: Panjang Garis Pantai Indonesia Capai 99.000 Kilometer,” National Geographic Indonesia, 21-Oct-2013. [Online]. Available: http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/10/terbaru-panjang-garis-pantai-indonesia-capai-99000-kilometer. [Accessed: 11-Sep-2015].

A. Mahtarami and R. Muntaka, “Aplikasi Wisata Virtual Candi Ratu Boko Berbasis 3D,” in Bridging the Gap Between Theories and Practices, Universitas Klabat, 2015, pp. 1113–1116.

A. Wahyudi, R. Ferdiana, and R. Hartanto, “Pengujian dan Evaluasi Buku Interaktif Augmented Reality ARca 3D,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014, Stimik Amikom, Yogyakarta, 2014, vol. 2.

R. Sael, “Aplikasi Virtual Reality Eksplorasi Kampus Universitas Klabat Menggunakan Game Engine,” Universitas Klabat, 2013.

A. Infantano and A. K. Wahyudi, “A novel system to display position of explosion, shot angle, and trajectory of the rocket firing by using markerless augmented reality: ARoket: Improving safety and quality of exercise anytime, anywhere, and real time,” in 2014 International Conference on Electrical Engineering and Computer Science (ICEECS), 2014, pp. 197–202.

A. Budiman, H. Purnomo, and D. A. Waskito, “Aplikasi Mobile Smartphone Multimedia Untuk Pembelajaran Aksara Jawa,” vol. 14, 2013.

R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. McGraw-Hill Education, 2010.