Aplikasi Wisata 3D Virtual First Person View(FPV) Pantai Lakban Ratatotok
Main Article Content
Abstract
Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang populer. Di setiap objek wisata pantai tentunya memiliki beragam objek yang tersebar di area pariwisata, oleh karena itu pihak pariwisata wajib menyediakan informasi mengenai objek apa saja yang ada di area pariwisata. Dengan minimnya informasi yang ada di lokasi pariwisata pantai Lakban Ratatotok, serta proses yang masih manual yang kurang interaktif tersebut memberikan peluang untuk membuat suatu aplikasi wisata virtual 3D pada smartphone berbasis Android, yang dapat membantu menyediakan informasi seperti peta lokasi wisata dan objek yang ada di area pariwisata dengan tampilan virtual 3D. Model 3D dari setiap objek yang ada dilokasi pariwisata dibuat dengan menggunakan aplikasi Blender 3D modeling, scene pada aplikasi dibuat dengan game engine Unity3D. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan proses model Prototyping merupakan metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Aplikasi yang dihasilkan memungkinkan pengguna untuk mengetahui sejarah dan bangunan apa saja yang ada di lokasi wisata Pantai Lakban Ratatotok, serta dapat melakukan eksplorasi lingkungan wisata secara virtual 3D, dengan menggunakan smartphone berbasis Android.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
“Terbaru: Panjang Garis Pantai Indonesia Capai 99.000 Kilometer,†National Geographic Indonesia, 21-Oct-2013. [Online]. Available: http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/10/terbaru-panjang-garis-pantai-indonesia-capai-99000-kilometer. [Accessed: 11-Sep-2015].
A. Mahtarami and R. Muntaka, “Aplikasi Wisata Virtual Candi Ratu Boko Berbasis 3D,†in Bridging the Gap Between Theories and Practices, Universitas Klabat, 2015, pp. 1113–1116.
A. Wahyudi, R. Ferdiana, and R. Hartanto, “Pengujian dan Evaluasi Buku Interaktif Augmented Reality ARca 3D,†in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014, Stimik Amikom, Yogyakarta, 2014, vol. 2.
R. Sael, “Aplikasi Virtual Reality Eksplorasi Kampus Universitas Klabat Menggunakan Game Engine,†Universitas Klabat, 2013.
A. Infantano and A. K. Wahyudi, “A novel system to display position of explosion, shot angle, and trajectory of the rocket firing by using markerless augmented reality: ARoket: Improving safety and quality of exercise anytime, anywhere, and real time,†in 2014 International Conference on Electrical Engineering and Computer Science (ICEECS), 2014, pp. 197–202.
A. Budiman, H. Purnomo, and D. A. Waskito, “Aplikasi Mobile Smartphone Multimedia Untuk Pembelajaran Aksara Jawa,†vol. 14, 2013.
R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. McGraw-Hill Education, 2010.