Implementasi Algoritma C4.5 untuk Analisa Performa Pelayanan Bank Terhadap Nasabah
Main Article Content
Abstract
Perbankan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bank, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bank Danamon Kantor Cabang Utama Semarang dan mengetahui tingkat akurasi untuk prediksi kepuasan pelanggan. Kualitas layanan yang ingin dipenuhi harus dilihat dari sudut pandang nasabah, karena nasabah bank merupakan penilai utama dari kualitas pelayanan sehingga prioritas utama dalam jaminan kualitas adalah penilaian nasabah terhadap kualitas pelayanan jasa perbankan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode algoritma C4.5. Algoritma C4.5 adalah salah satu metode algoritma yang digunakan oleh beberapa penelitian guna membuat suatu pohon keputusan. Pohon keputusan merupakan metode klasifikasi serta prediksi yang kuat dan terkenal. Metode menggunakan pohon keputusan merupakan metode yang dapat mengubah suatu fakta yang besar menjadi suatu pohon keputusan yang merepresentasikan aturan agar mudah dipahami dengan bahasa alami.Atribut yang digunakan dalam metode ini yaitu pelayanan,fasilitas,dan mobile banking. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai akurasi pada pengujian ke-2 dapat di katakan baik karena memiliki nilai akurasi lebih tinggi di bandingkan pengujian 1.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Elga Rivkyana, "Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pada PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK Cabang Surakarta,†Universitas Sebelas Maret, 2010.
DANAMON, “www.danamon.co.idâ€/articles
Vina Mandasari, "Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining," Universitas Sriwijaya, Januari 2011.
Abdul Rohman, “Penerpan Algoritma C4.5 Berbasis Adaboost Untuk Prediksi Penyakit Jantung,†Universitas Pandanaran, Agustus 2008.
Sri Lestari, “Model Klasifikasi Kinerja dan Seleksi Dosen Berprestasi Dengan Algoritma C.45,†Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Desember 2014.
Kusrini, “Algoritma Data Mining,†Yogyakarta, Andi, 2009.
Herlawati, Rahmadya Trias Handayanto, Probowo Pudjo Widodo, "Penerapan Data Mining Dengan Matlab," Rekayasa Sains, Bandung, 2013.
Prasetyo Eko, "Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab," Andi, Yogyakarta, 2014.