Implementasi Algoritma C4.5 untuk Analisa Performa Pelayanan Bank Terhadap Nasabah

Main Article Content

Fandi Ramadhan Wiratama
Setia Astuti

Abstract


Perbankan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan bank, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah terhadap pelayanan yang diberikan oleh Bank Danamon Kantor Cabang Utama Semarang dan mengetahui tingkat akurasi untuk prediksi kepuasan pelanggan. Kualitas layanan yang ingin dipenuhi harus dilihat dari sudut pandang nasabah, karena nasabah bank merupakan penilai utama dari kualitas pelayanan sehingga prioritas utama dalam jaminan kualitas adalah penilaian nasabah terhadap kualitas pelayanan jasa perbankan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode algoritma C4.5. Algoritma C4.5 adalah salah satu metode algoritma yang digunakan oleh beberapa penelitian guna membuat suatu pohon keputusan. Pohon keputusan merupakan metode klasifikasi serta prediksi yang kuat dan terkenal. Metode menggunakan pohon keputusan merupakan metode yang dapat mengubah suatu fakta yang besar menjadi suatu pohon keputusan yang merepresentasikan aturan agar mudah dipahami dengan bahasa alami.Atribut yang digunakan dalam metode ini yaitu pelayanan,fasilitas,dan mobile banking. Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa nilai akurasi pada pengujian ke-2 dapat di katakan baik karena memiliki nilai akurasi lebih tinggi di bandingkan pengujian 1.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wiratama, F. R., & Astuti, S. (2017). Implementasi Algoritma C4.5 untuk Analisa Performa Pelayanan Bank Terhadap Nasabah. Jurnal Eksplora Informatika, 6(2), 127-135. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/113
Section
Articles

References

Elga Rivkyana, "Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Pada PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK Cabang Surakarta,” Universitas Sebelas Maret, 2010.

DANAMON, “www.danamon.co.id”/articles

Vina Mandasari, "Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji Melalui Pendekatan Data Mining," Universitas Sriwijaya, Januari 2011.

Abdul Rohman, “Penerpan Algoritma C4.5 Berbasis Adaboost Untuk Prediksi Penyakit Jantung,” Universitas Pandanaran, Agustus 2008.

Sri Lestari, “Model Klasifikasi Kinerja dan Seleksi Dosen Berprestasi Dengan Algoritma C.45,” Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Desember 2014.

Kusrini, “Algoritma Data Mining,” Yogyakarta, Andi, 2009.

Herlawati, Rahmadya Trias Handayanto, Probowo Pudjo Widodo, "Penerapan Data Mining Dengan Matlab," Rekayasa Sains, Bandung, 2013.

Prasetyo Eko, "Mengolah Data Menjadi Informasi Menggunakan Matlab," Andi, Yogyakarta, 2014.