Analisis dan Segmentasi Psikografis Pengguna MudaE-Commerce di Pontianak
Main Article Content
Abstract
E-commerce mengalami pertumbuhan sangat pesat di Indonesia. Transaksi yang tinggi disertai jumlah penduduk yang banyak menjadikan Indonesia pasar e-commerce yang sangat menjanjikan. Pengeluaran untuk pemasaran khususnya di bidang digital juga mengalami pertumbuhan yang sangat tinggi. Seiring pertumbuhan jaringan internet di Indonesia, persebaran pengguna e-commerce menyebar dari pulau Jawa ke daerah-daerah. Tujuan dari penelitian ini adalah mengelompokkan segmen pengguna e-commerce di Pontianak dengan alat ukur psikografis. Psikografis telah lama digunakan sebagai alat untuk segmentasi pasar sehingga layanan perusanaan lebih terfokus dan segmen yang tidak terjangkau oleh demografi dapat dilengkapi oleh psikografi. Alat ukur psikografis yang digunakan dalam penelitian ini adalah value and lifestyle dan list of values. Analisis faktor eksploratif dilakukan dan hasil penelitian membagi pengguna muda menjadi lima faktor psikografis yaitu faktor fashion, prakarya, logika/intelek, kepercayaan/agama dan dominan menggunakan VALS. Sedangkan untuk LOV, pengguna dibagi menjadi faktor keamanan dan pembuktian diri. Dari hasil analisis cluster didapatkan bahwa faktor kepercayaan / agama, keamanan, dan pembuktian diri menjadi faktor yang sangat penting bagi pengguna muda e-commerce di Pontianak.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 2016, Hasil Survei Profil dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia, https://www.apjii.or.id/survei, diakses 1-11-2016.
Kementerian komunikasi dan informatika, 2013, laporan potret belanja online di indonesia, kasus: jabodetabek, bandung dan yogyakarta, jakarta,https://www.publikasi.kominfo.go.id/bitstream/handle/ 54323613/981/Potret%20Belanja%20Online%20di%20Indonesia.pdf?sequence=1, diakses 8-9-2016.
Mitra, W., 2014, Data Statistik Mengenai Pertumbuhan Pangsa Pasar E-Commerce di Indonesia Saat Ini,http://startupbisnis.com/data-statistik-mengenai-pertumbuhan-pangsa-pasar-e-commerce-di-indone sia-saat-ini/, diakses 10-9-2016.
Pangerapan, S. A., 2015, Siaran Pers (press release) Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), http://www.apjii.or.id/v2/read/content/info-terkini/301/pengguna-internet-indonesia-tahun-2014-sebanyak-88.html, diakses 1-9-2016.
R. Cadha, 2013,Indonesia Online: A Digital Economy Emerges, Fueled by Cheap Mobile Handsets, Emarketer Inc Online Publication.
Wind, Y., 1978,Issues and Advances in Segmentation Research . Journal of Marketing Research, vol. 14 hal 319-323.
Smith, W., 1956,Product Differentiation and Market Segmentation as alternative marketing strategies, Journal of Marketing, vol 21 hal 3-8.
Lin, C. F., 2002, Segmenting Customer Brand Preference: demograpic or psychographic, Journal of product and Brand Management vol 11 no 4 hal 249-268.
Sari, H., Setiaboedi, A.P., 2015, Segmentation of online buyers and its implication in determining marketing strategies, International conference on technology, informatics, management, engineering and environment, hal 34-40.
Kotler, P. 1997, Marketing Management- Analysis, Planning, Implementation and Control 9thedition, Prentice Hall International, New York.
Wells, W.D., 1975, Psychographics: a critical review, Journal of Marketing Research, Vol. 12 No. 2, hal. 196-213.
Kahle, L. R., Kennedy, P. 1988, Using the List of Values to undertand consumers, The journal of Services Marketing. Vol 2 no 4. hal 49-56.
Strategic Business Insights, 2016, Values and Lifestyles Survey, http://www.strategicbusinessinsights. com/vals/presurvey.shtml, diakses 01-10-2016.
Mooi, E, Sarstedt, M., 2011, A Concise Guide to Market Research - the process, data and methods using IBM SPSS Statistics. Springer, Berlin.
Henson R. K., Roberts J. K., 2006, Use of exploratory factor analysis in published research: common errors and some comment on improved practice, Educational and psychological measurement, Vol 66 No. 3, hal 393-416.
Ghozali, I., 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS 21 update PLS regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Field A., 2009, Discovering Statistics Using SPSS , second edition, Sage Publishing, New York.
Sekaran U., 2003, Research methods for business, a skill-building approach fourth edition, John Wiley & Sons, New York.