Pengolahan Citra Berbasis Deteksi Tepi Prewitt Pada Gambar Gigi Manusia

Main Article Content

Andi Pranata
Erna ZuniAstuti

Abstract


Gambar gigi adalah salah satu jenis citra yang penting dalam dunia kesehatan yang digunakan untuk mengidentifikasi berbagai penyakit dan kerusakan yang terjadi pada gigi. Permasalahan yang terjadi adalah tidak semua gambar tersebut berkualitas baik, sehingga diperlukan adanya perbaikan citra untuk mengatasi permasalahan tersebut.Operasi pengolahan citra adalah operasi yang dilakukan untuk mentransformasikan suatu citra menjadi citra lain. Berdasarkan tujuan transformasi operasi pengolahan citra dikategorikan sebagai berikut : Peningkatan Kualitas Citra (Image Encachement) dan Pemulihan Citra (Image Restoration). Pada proses Image Enhancement, kulitas citra dari derau/noise diperbaiki sehingga mudah diintrepertasikan oleh manusia ataupun mesin. Salah satu contoh dari noise adalah citra kabur (blur). Algoritma Prewitt yaitu konversi citra true color ke grayscale, x Prewitt, y Prewitt, Gradien Magnitudo, lalu perhitungan MSE dan PSNR  Dari perhitungan MSE dan PSNR dapat kita simpulkan bahwa algoritma Prewitt menghasilkan MSE dan PSNR yang berbeda – beda untuk setiap kasus, dimana tingkat MSE dan PSNR digunakan untuk mengukur kualitas citra.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pranata, A., & ZuniAstuti, E. (2017). Pengolahan Citra Berbasis Deteksi Tepi Prewitt Pada Gambar Gigi Manusia. Jurnal Eksplora Informatika, 6(2), 98-105. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/110
Section
Articles

References

L. Amalia and R. Marwati, "Perbandingan Metode Robert dan Sobel dalam Mendeteksi Tepi Sebuah Citra Digital," 2012.

I. D. J. R. S. S. Sri Enggal Indraani, "Implementasi Edge Detection pada Citra Grayscale dengan Metode Operator Prewitt dan Operator Sobel," 2014 .

M. N. C. d. Y. Fuad, "aplikasi deteksi tepi sobel untuk identifikasi tepi citra medis," 2014 .

Y. Ramadevi, T. Sridevi, B. Poornima, and B. Kalyani, “S Egmentation and O Bject R Ecognition Using Edge Detection Techniques,” Int. J. Comput. Sci. Inf. Technol., vol. 2, no. 6, pp. 153–161, 2010.

R. Sigit, Step by Step Pengolahan Citra. Yogya: Andi Offset, 2005.

R. Munir, Pengolahan Citra Digital Menggunakan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Informatika, 2005.