Perancangan Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Organ Tubuh Dengan Diagnosa Iridologi Berbasis Web

Main Article Content

Dedek Indra Gunawan HTS
Hardianto Hardianto

Abstract


Sistem pakar merupakan sistem yang merepresentasikan pengetahuan manusia yang ahli dalam bidang tertentu ke komputer yang dirancang untuk membantu menyelesaikan masalah layaknya seorang pakar. Dengan adanya sistem pakar ini diharapkan orang awam mampu menyelesaikan masalahnya sendiri atau sekedar hanya mencari informasi tanpa harus bertemu dengan seorang yang ahli dibidangnya. Iridologi merupakan ilmu yang mampu melihat kondisi tubuh manusia hanya lewat iris mata. Apabila satu bagian tubuh manusia ada yang tidak sehat/ sakit, maka hubungan antara bagian tubuh yang sakit itu dengan mata akan terganggu, yang mengakibatkan suatu parut atau tanda dibagian tertentu pada iris mata. Iridologi kini merupakan salah satu ilmu yang berkembang dan mulai digunakan oleh para ahli pengobatan terutama pengobatan herbal. Banyak cara untuk mendiagnosa penyakit tubuh manusia akan tetapi biaya yang dibutuhkan sangat besar.Tujuan penelitian ini untuk merancang sebuah sistem pakar yang mampu mendeteksi penyakit organ-organ tubuh dan solusinya bagi pengguna internet.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Gunawan HTS, D. I., & Hardianto, H. (2016). Perancangan Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Organ Tubuh Dengan Diagnosa Iridologi Berbasis Web. Jurnal Eksplora Informatika, 6(1), 62-70. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/105
Section
Articles

References

Saefurrahman, Khoirudin. (2009). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Organ Tubuh Manusia Melalui Pencintraan Iris Mata. Semarang.

Arhami, Muhammad, 2013, Konsep Dasar Sistem Pakar, Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Gunawan Heri., 2013, SISTEM PAKAR METODE DEMPSTER SHAFER UNTUK MENDIAGNOSA PENGARUH PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA, Tesis, Program Pasca Sarjana Ilmu Komputer, Univ. Putra Indonesia “YPTK” Padang.

Rochmat M, Kemalasari, Rusiana, 2006, Pendeteksian Gejala Osteoporosis Melalui Diagnosa Iris Mata dengan Clustering Image, Jurnal IISN:0852-2863, EEPIS Journal

D’Hiru, 2007, “Iridologi Mendeteksi Penyakit Hanya Dengan Mengintip Mata”, Edisi-2, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta