Rancang Bangun Augmented Reality Pada Data Menu Restoran

Main Article Content

Sri Lestari Rahayu
Kusrini Kusrini
Hanif Al Fatta

Abstract


Perkembangan teknologi saat ini telah memberikan pengaruh yang sangat besar bagi dunia teknologi informasi dan telekomunikasi. Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengetahui perkembangan teknologi yang terjadi. Bisnis restoran tidak lagi sekedar menyajikan menu makanan dan minuman bagi setiap pengunjung/pelanggannya. Beragam variasi makanan dan minuman memang menjadi daya tarik setiap restoran dibandingkan dengan makanan di rumah. Kondisi ini menjadi tantangan bagi para pemilik bisnis kuliner yang senantiasa harus bersaing dengan ketat, karena setiap restoran harus dapat menawarkan sesuatu yang berbeda. Hal ini sangat penting karena bisnis restoran yang mampu menyajikan makanan secara cepat, tepat dan benar dapat memberikan kepuasan kepada setiap pengunjung/pelanggan restoran. Augmented Reality adalah penggabungan antara objek virtual dengan objek nyata.oleh karena ini penulis merancang aplikasi berbasis mobile untuk menampilkan makanan dan minuman dalam bentuk 3D menggunakan teknologi augmented reality. Namun pada penelitian ini membuat 2 pendekatan yakni pendekatan thouch on screen dan pendekatan thermal touch. Kedua pendekatan tersebut akan dievaluasi oleh pelanggan menggunakan kuesioner yang menerapkan prinsip heuristic kemudian dihitung menggunakan skala likert sehingga akan menghasilkan pendekatan mana yang baik menurut pelanggan



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahayu, S. L., Kusrini, K., & Fatta, H. A. (2016). Rancang Bangun Augmented Reality Pada Data Menu Restoran. Jurnal Eksplora Informatika, 6(1), 22-32. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/101
Section
Articles

References

Djaali, Mulyono, 2008, Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan, Grasindo, Jakarta

Fernando Mario, 2013, Membuat Aplikasi Android Augmented Reality, Buku AR Online, Manado

Freddy Rangkuti, 2006, Teknik Mnegukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan & Analisis Kasus PLN-JP, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Gregory Kipper, 2013, Augmented Reality An Emergening Technologies Guide to AR, Syngress, USA

Marsum, W., 2005, Restoran dan Segala Permasalahannya. edisi 4, Andi, Yogyakarta

Pressman, Roger, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis (Buku 1), Edisi 2, Andi, Yogyakarta

Salbino, Sherief, 2013, Buku Pintar Gadget Android untuk Pemula, Kunci Komunikasi, Jakarta

Wahadyo, Agus, 2013, Android 4: Untuk Pengguna Pemula Tablet & handphone, mediakita, Jakarta