Sistem Rekomendasi Program Studi Menggunakan Metode Hybrid Recommendation (Studi Kasus: MAN Sumenep)

Main Article Content

Jamilatul Aisyiah
Laili Cahyani

Abstract

Pemilihan program studi menjadi hal yang krusial sebelum memasuki perguruan tinggi, karena kesalahan dalam memilih program studi berdampak buruk pada mahasiswa di masa depan. Sebagai upaya mencegah kesalahan pemilihan program studi, siswa biasanya berkonsultasi dengan wali kelas dan guru Bimbingan Konseling. Namun, pemberian rekomendasi masih dilakukan secara manual seperti pada MAN Sumenep. Pemberian rekomendasi secara manual memakan waktu lama namun hasilnya terkadang bersifat subjektif dan kurang akurat. Oleh karena itu, diperlukan suatu sistem yang mampu memenuhi kebutuhan tersebut agar dapat menghemat waktu dan rekomendasi yang dihasilkan sesuai. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan sistem rekomendasi program studi menggunakan metode hybrid recommendation, dengan mengembangkan metode naïve bayes untuk mengelompokkan program studi berdasarkan nilai rapor dan item-based untuk menghitung kemiripan antar program studi yang dipilih oleh siswa. Pengembangan sistem dilakukan menggunakan metode waterfall yang terdiri dari tahapan analisis, desain, pengodean dan pengujian. Penelitian ini menghasilkan sistem rekomendasi prodi yang dapat membantu siswa dan guru dalam proses perekomendasian prodi. Pada tahap pengujian menghasilkan nilai 1 pada aspek functional suitability yang berarti semua fitur sistem berfungsi dengan baik. Sedangkan, uji coba pada pengguna mendapatkan persentase sebesar 92,75% dengan tingkat kategori “sangat layak”. Dan hasil uji coba pada Item-based menghasilkan akurasi MAE sebesar 0,038538.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Aisyiah, J., & Cahyani, L. (2024). Sistem Rekomendasi Program Studi Menggunakan Metode Hybrid Recommendation (Studi Kasus: MAN Sumenep). Jurnal Eksplora Informatika, 12(1), 59-72. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i1.992
Section
Articles

References

S. Suryadi, “Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan,” Informatika: Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, vol. 3, no. 3, pp. 9–19, 2015.

Y. H. Ladaria, J. Lumintang, and C. J. Paat, “Kajian Sosiologi Tentang Tingkat Kesadaran Pendidikan pada Masyarakat Desa Labuan Kapelak Kecamatan Banggai Selatan Kabupaten Banggai Laut,” Jurnal Holistik, vol. 13, no. 2, pp. 1–15, 2020.

“Peserta UTBK-SBMPTN 2022 Meningkat Dibanding Tahun Lalu, Berapa?,” Kampus Republika. Accessed: Sep. 07, 2023. [Online]. Available: https://kampus.republika.co.id/posts/108367/peserta-utbk-sbmptn-2022-meningkat-dibanding-tahun-lalu-berapa-

A. Nurhartanto and T. D. Wengrum, “Edukasi Pemilihan Jurusan Kuliah Melalui Metode Pemetaan Bakat,” ANDASIH Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat , vol. 2, no. 1, pp. 33–39, 2021.

S. Howay and R. Rianto, “Sistem Rekomendasi Jurusan pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dengan Algoritma K-Means,” Syntax Idea, vol. 3, no. 10, pp. 2215–2222, 2021, doi: 10.36418/syntax.

M. I. Rizky, I. Asror, and Y. R. Murti, “Sistem Rekomendasi Program Studi untuk Siswa SMA Sederajat Menggunakan Metode Hybrid Recommendation dengan Content Based Filtering dan Collaborative Filtering,” e-proceeding of engineering, vol. 7, no. 1, pp. 2776–2792, 2020.

L. Tommy, D. Novianto, and Y. Setiawan Japriadi, “Sistem Rekomendasi Hybrid untuk Pemesanan Hidangan Berdasarkan Karakteristik dan Rating Hidangan,” Journal of Applied Informatics and Computing (JAIC), vol. 4, no. 2, pp. 137–145, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.polibatam.ac.id/index.php/JAIC

W. Jepriana and S. Hanief, “Analisis dan Implementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering untuk Sistem Rekomendasi Konsentrasi di STMIK STIKOM Bali,” JANAPATI, vol. 9, no. 2, pp. 171–180, 2020.

R. N. Sa’adah and Wahyu, Metode Penelitian R&D (Research and Development). Literasi Nusantara, 2020.

Rosa and M. Salahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Informatika, 2019.

H. Setiawan and H. Jati, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Pantauan Pembentukan Karakter Siswa di SMKN 2 Depok Sleman,” Electronics, Informatics, and Vocational Education, vol. 2, no. 1, pp. 102–109, 2017.