Pengembangan Game Edukasi Tipe RPG Berbasis Android sebagai Suplemen pada Materi Anatomi Tumbuhan

Main Article Content

Fachrul Dhika Ardiansyah
Muhlis Tahir
Ari Kusumaningsih
Muchamad Arif
Etistika Yuni Wijaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya penerapan game edukasi tipe Role Playing Game (RPG) dalam pembelajaran anatomi tumbuhan di SD Negeri Ngaglik 1 Bojonegoro. Model pengembangan yang digunakan adalah Sprint, yang memungkinkan pengembangan yang terfokus dan terukur dalam waktu singkat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan game edukasi tipe RPG dalam pembelajaran anatomi tumbuhan memberikan dampak yang signifikan. Data hasil penelitian ini diklasifikasikan sebagai sangat layak berdasarkan kriteria ISO 25010, dengan rata-rata pencapaian sebesar 94,46%. Selain itu, partisipasi ahli materi, dosen, dan guru menghasilkan tingkat persetujuan 100%, sedangkan uji coba kelompok kecil memberikan tingkat persetujuan sebesar 93,33%, dan uji coba kelompok besar sebesar 91,86%. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan model pengembangan Sprint dalam pengembangan game edukasi tipe RPG mampu meningkatkan efektivitas pembelajaran anatomi tumbuhan di SD Negeri Ngaglik 1 Bojonegoro.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ardiansyah, F., Tahir, M., Kusumaningsih, A., Arif, M., & Wijaya, E. Y. (2023). Pengembangan Game Edukasi Tipe RPG Berbasis Android sebagai Suplemen pada Materi Anatomi Tumbuhan. Jurnal Eksplora Informatika, 13(1), 77-87. https://doi.org/10.30864/eksplora.v13i1.982
Section
Articles