Game Tower Defense sebagai Media Pengenalan Mitologi Bali Berbasis Android

Main Article Content

I Komang Nopan Adiputra
Gde Sastrawangsa
Gede Herdian Setiawan

Abstract

Game merupakan permainan berbasis multimedia pada alat elektronik yang memberikan hiburan kepada yang memainkannya. Seiring dengan perkembangan teknologi, fungsi game tidak hanya dijadikan sebagai sarana hiburan saja, namun game telah menjadi luas fungsinya. Misalnya, sebagai sarana pembelajaran atau pengenalan sebuah budaya tertentu yang dikemas secara unik dan menarik. Mitologi adalah ilmu mengenai bentuk sastra yang mengandung konsepsi dan dongeng suci tentang kehidupan dewa dan makhluk halus dalam suatu kebudayaan. Di Indonesia khususnya di Bali sendiri cerita-cerita serta keberadaan makhluk-makhluk mitologi masih sangat dihormati di kalangan masyarakat. Salah satu cerita mitologi yang menarik adalah kisah Samudramanthana. Cerita Samudramanthana  masih  berbentuk teks saja namun dengan diadaptasi ke dalam bentuk multimedia yaitu game maka diharapkan cerita akan menjadi menarik dan lebih mudah dipahami terutama bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun game cerita mitologi tentang kisah Samudramanthana disertai dengan informasi mengenai tokoh-tokoh mitologi Bali yang dikemas dengan menarik. Penelitian ini mengunakan metode (MDLC), dijalankan pada android dengan menggunakan software Unity 3D, Berdasarkan rancang bangun yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan yaitu hasil pengujian Heuristic Evaluation didapat bahwa seluruh tombol sudah berjalan sesuai dengan yang dirancang pada Game Tower Defense Sebagai Media Pengenalan Berbasis Android 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Adiputra, I. K., Sastrawangsa, G., & Setiawan, G. (2023). Game Tower Defense sebagai Media Pengenalan Mitologi Bali Berbasis Android. Jurnal Eksplora Informatika, 12(1), 1-13. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i1.978
Section
Articles

References

Zakky, “Macam-Macam Game dan Jenis Genre Game Beserta Penjelasannya,” Seluncur.id. https://www.seluncur.id/macam-macam-game/ (accessed Dec. 09, 2022).

I. G. Teguh Pribadi, A. A. K. Agung Cahyawan Wiranatha, and P. Wira Buana, “Rancang Bangun Game Tower Defense ‘Defense of Dewata Island’ Berbasis Android,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 5, no. 3, p. 13, Dec. 2017, doi: 10.24843/JIM.2017.v05.i03.p05.

L. N. Sari and D. Apuan, “MITOLOGI HINDU SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMPERTAHANKAN RELASI SIMBOLIK PURA,” vol. 20, pp. 60–68, 2022.

M. H. P. Perdana, P. W. Atmaja, and H. E. Wahanani, “PEMBUATAN GAME TOWER DEFENSE HEROES CONQUEST MENGGUNAKAN UNITY,” Pros. Semin. Nas. Inform. Bela Negara, vol. 2, pp. 78–87, 2021, doi: 10.33005/santika.v2i0.112.

M. F. Rahman, “GAME MONSTER TOWER DEFENSE NEGERI GARUDA DENGAN METODE A*,” 2017. [Online]. Available: https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/2107

Martindo, J. Pragantha, and D. A. Haris, “Pembuatan Game Tower Defense ‘ Defense Push ’ Dengan Unity,” J. Ilmu Komput. dan Sist. Inf., pp. 2–6, 2018.

G. Muhammad, W. S. Wardhono, and I. Arwani, “Pengembangan Game Bergenre Tower Defense Dengan Mengimplementasikan Augmented Reality,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 749–758, 2018.

R. I. Borman and Y. Purwanto, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi,” J. Edukasi dan Penelit. Inform., vol. 5, no. 2, pp. 119–124, 2019.

T. Purnama, I. M. A. Pradnyana, and K. Agustini, “Usability Testing Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Pada Aplikasi E-Musrenbang Bappeda Kabupaten Badung,” J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 16, no. 1, p. 87, 2019, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17949.

A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS),” JTIM J. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019, doi: 10.35746/jtim.v1i3.50.

D. Taluke, R. S. M. Lakat, A. Sembel, E. Mangrove, and M. Bahwa, “Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat,” Spasial, vol. 6, no. 2, pp. 531–540, 2019.