Analisis Sentimen Pengguna Aplikasi MyPertamina Menggunakan Algoritma Bidirectional Long Short Term Memory
Main Article Content
Abstract
Aplikasi mobile telah menjadi sarana penting bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan pengguna dan mengumpulkan umpan balik dari mereka. Salah satu aspek penting dari analisis data aplikasi pengguna adalah analisis sentimen, yang dapat memberikan wawasan pengguna tentang pandangan dan penggunaan aplikasi. Aplikasi MyPertamina yang merupakan layanan e-money juga telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. MyPertamina berfungsi sebagai sistem pembayaran non tunai. Pada aplikasi MyPertamina dapat memberikan ulasan aplikasi melalui kolom komentar atau memberikan rating dari 1 hingga 5 pada google playstore, namun seringkali pengguna memberikan rating yang tidak sesuai dengan ulasannya sehingga dapat mempengaruhi pelanggan jika ulasannya kurang bagus. Agar mempermudah pengelolaan data ulasan, penelitian ini menggunakan analisis sentiment. Analisis sentimen merupakan suatu metode yang digunakan untuk memahami, mengekstrak, dan mengolah secara otomatis data opini dan tekstual untuk mendapatkan sentimen yang terkandung dalam suatu opini. Penggunaan algoritma Bidirectional Long Short Term Memory (BiLSTM) dan Long Short Term Memory (LSTM) untuk analisis sentimen dari umpan balik pengguna pada aplikasi myPertamina. Penelitian ini menggunakan dataset yang berisi ulasan pengguna dari aplikasi myPertamina yang dikumpulkan dari platform Google PlayStore. Dataset ini secara otomatis dianotasi menggunakan library transformers untuk mengidentifikasi sentimen dari ulasan sebagai positif atau negatif. Selanjutnya, algoritma BiLSTM dan LSTM diterapkan untuk melakukan analisis sentimen pada dataset yang dianotasi. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa kedua algoritma BiLSTM dan LSTM mampu menghasilkan sentimen yang cukup baik pada dataset ulasan pengguna myPertamina. BiLSTM menunjukkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan LSTM, dengan akurasi 90% dan 86,25% untuk model LSTM.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
R. A. Softina, F. M. Amin, and N. Wahyudi, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Innovation Resistance dan Intention to Use Terhadap Penerapan Pembayaran Non Tunai,” J. Sist. Inf. Bisnis, vol. 12, no. 1, pp. 26–35, 2022, doi: 10.21456/vol12iss1pp26-35.
A. Lutfi, “EFEKVITAS PENGGUNAAN APLIKASI MY PERTAMINA DI ERA KENAIKAN BBM BERSUBSIDI,” vol. 1, no. 2, 2022.
G. S. Heryadi, “Strategi Promosi Loyality Program My Pertamina yang Dilakukan Oleh PT Pertamina (PERSERO) Tahun 2018,” J. Visi Komun., vol. 17, no. 01, 2018.
A. Faadilah, “Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Tokopedia di Google Play Store Menggunakan Metode Long Short Term Memory,” pp. 1–46, 2020.
E. M. Sipayung, H. Maharani, and I. Zefanya, “Perancangan Sistem Analisis Sentimen Komentar Pelanggan Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 10, pp. 2355–4614, 2022.
N. F. Ahsinil Amal Annur, Aang Alim Murtopo, “Analisis Sentimen Aplikasi E-Learning Selama Pandemi Covid-19 Dengan Menggunakan Metode Support Vector Machine Dan …,” IJIR, vol. 3, pp. 9–17, 2022.
A. Rahman, E. Utami, and S. Sudarmawan, “Sentimen Analisis Terhadap Aplikasi pada Google Playstore Menggunakan Algoritma Naïve Bayes dan Algoritma Genetika,” J. Komtika (Komputasi dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 60–71, 2021, doi: 10.31603/komtika.v5i1.5188.
S. M. Qaisar, “Sentiment Analysis of IMDb Movie Reviews Using Long Short-Term Memory,” 2020 2nd Int. Conf. Comput. Inf. Sci. ICCIS 2020, pp. 12–15, 2020, doi: 10.1109/ICCIS49240.2020.9257657.
L. G. Astuti, P. S. Informatika, and U. Udayana, “Implementasi LSTM pada Analisis Sentimen Review Film Menggunakan Adam dan RMSprop Optimizer,” J. Elektron. Ilmu Komput. Udayana, vol. 10, no. 4, pp. 351–362, 2022.
D. R. Alghifari, M. Edi, and L. Firmansyah, “Implementasi Bidirectional LSTM untuk Analisis Sentimen Terhadap Layanan Grab Indonesia Bidirectional LSTM Implementation for Sentiment Analysis Against Grab Indonesia Services,” J. Manaj. Inform., vol. 12, pp. 89–99, 2022.
C. G. Indrayanto, D. E. Ratnawati, and B. Rahayudi, “Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi MyPertamina di Indonesia pada Google Play Store menggunakan Metode Random Forest,” vol. 7, no. 3, 2023.
M. Ilmiah, Implementasi Metode Bidirectional Long Short-Term Memory (Bi-LSTM) untuk Prediksi Kasus Positif Covid-19 di Indonesia. 2022.
L. Hickman, S. Thapa, L. Tay, M. Cao, and P. Srinivasan, “Text Preprocessing for Text Mining in Organizational Research: Review and Recommendations,” Organ. Res. Methods, vol. 25, no. 1, 2022, doi: 10.1177/1094428120971683.
D. E. Birba, “A Comparative study of data splitting algorithms for machine learning model selection,” 2020.