Komparasi Metode Multiple Regression dan Regresi Sederhana Untuk Peramalan Volume Penjualan

Main Article Content

Luh Gede Surya Kartika
Ratna Kartika Wiyati
Melati Putri Wulandari

Abstract


Peramalan ialah sebuah pernyataan tentang nilai di masa mendatang dari sebuah variabel yang ingin diketahui, seperti permintaan (demand).Teknik Peramalan digunakan untuk membuat keputusan bernilai jangka pandek dan jangka panjang. Selain itu kegunaan daripada peramalan penjualan ini untuk dapat mengambil keputusan/kebijakan yang terbaik, dimana keputusan yang baik adalah keputusan yang didasarkan pada pertimbangan yang akan terjadi pada waktu tersebut dilaksanakan. Berbagai macam teknik peramalan salah satunya adalah Metode Regresi diantaranya Metode Regresi Sederhana dan Metode Multiple Regression. Kedua metode tersebut akan digunakan sebagai peramalan volume penjualan pada “Cikuy Boutiqueâ€. Metode Regresi Sederhana lebih akurat dalam melakukan analisis korelasi, karena pada analisis itu kesulitan dalam menunjukkan slop (tingkat perubahan suatu variabel terhadap variabel lainnya dapat ditentukan) sedangkan Metode Multiple Regression hampir sama dengan regresi linier sederhana, hanya saja pada regresi linier berganda variabel bebasnya lebih dari satu variabel penduga. Tujuan dari komparasi kedua metode ini yaitu mencari nilai standart error/tingkat akurasi terendah dengan pengujian MAD (Mean Absolut Deviation), kecepatan komputasi, kemudahan pengkodean dan kesesuaian metode. Dari hasil komparasi kedua metode akan mengetahui metode apa yang tepat untuk meramalkan volume penjualan pada toko baju “Cikuy Boutique†dan juga digunakan sebagai peramalan berikutnya.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kartika, L. G. S., Wiyati, R. K., & Wulandari, M. P. (2016). Komparasi Metode Multiple Regression dan Regresi Sederhana Untuk Peramalan Volume Penjualan. Jurnal Eksplora Informatika, 4(1), 83-92. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/97
Section
Articles

References

Pangestu Subagyo. Forecasting Konsep Dan Aplikasi, Dosen Falkutas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Penerbit BPFE-Yogyakarta. 2013 : 73-88.

Widodo. Peramalan. Yogyakarta : Penerbit Andi. 2008 : 1-3.

Aryanto, Rudi. Forecasting. Penerbit Pustaka Setia Bandung. 2009 : 64-75.

Sambas Ali Muhidin, dan Maman Abdurahman. Analisis Korelasi, Regresi, dan Jalur dalam Penelitian. Penerbit Pustaka Setia Bandung. 2007 : 101-131.

Riduan. Dasar-dasar Statistika, Penerbit ALFABETA Bandung. 2005 : 260-296.

Anto, Dajan. Pengantar Metode Statistik. Jilid 2. Jakarta : LP3 S 2010 : 223-250.

Poerwodarminto. Pengertian Komparasi. Falkutas UNNES Semarang, Penerbit : Ghalia Indonesia. 2008 : 60-62.

Kotler. Volume Penjualan. Jakarta : Penerbit Ghalia Indonesia. 2009 : 72-75.