Model Gaya Belajar Perceptual Yang Sesuai Untuk Pemahaman Programming

Main Article Content

Stephanie Bj Parera
Stenly Richard Pungus

Abstract


Paper ini melakukan kajian tentang model gaya belajar perceptual, yang digunakan untuk membantu pelajar dalam memahami programming. Gaya belajar adalah bagaimana manusia mengolah informasi yang diperoleh menjadi pengetahuan dengan cara tertentu. Peneliti menemukan adanya kesulitan dalam memahami konsep dasar programming bagi para pemula. Gaya belajar yang diterapkan belum sesuai untuk memahami konsep programming yang dinamis. Gaya belajar yang diteliti dalam kajian ini adalah gaya belajar jenis perceptual. Ada 3 gaya belajar perceptual yang umum dilakukan yaitu visual, auditorial, dan kinestetik (VAK). Setiap gaya belajar mempunyai hubungan dengan aktivitas yang biasa dilakukan manusia, mulai dari melihat, mendengar, serta bergerak. Pemilihan gaya belajar diperlukan dalam mendukung terciptanya proses belajar mengajar yang efektif, begitu juga dalam pembelajaran programming. Oleh karena itu, peneliti bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dari setiap gaya belajar dan tanggapan dari para ahli tentang belajar programming. Dalam kajian ini, peneliti menggunakan metode studi literatur dalam memperoleh informasi. Hasil dari kajian ini adalah model gaya belajar yang mencakup gaya visual, auditorial dan kinestetik dalam proses pembelajaran. 



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Parera, S. B., & Pungus, S. R. (2016). Model Gaya Belajar Perceptual Yang Sesuai Untuk Pemahaman Programming. Jurnal Eksplora Informatika, 5(2), 177-185. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/89
Section
Articles

References

Ariesta Kartika Sari, Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Informatika Angkatan 2014, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, Indonesia.

R. Dunn, A. Honigsfeld, L. S. Doolan, L.Bostrom, K.Russo, M. S. Schiering, B. Suh, H. Tenedero., Impact of Learning-Styles Instructional Strategies on Students’ Achievement and Attitudes: Perceptions of Educators in Diverse Institution., Clearing House.

R. L. Goldstone, Perceptual Learning, Annu. Rev. Psychol. 1998, 49:585-612, Pyshology Building, Indiana University, Bloomington, Indiana, 47405, 1998.

McCracken, M., Almstrum, V., Diaz, D., Guzdial, M. Hagan., D., Kolikant, Y.B., Laxer, C., Thomas, L,. Utting, I. & Wilusz, T., A multi-national, multi-institutional study of assessment of programming skills of first-year CS students, SIGCSE Bulletin, 33(4), pp.125-180, 2001.

Yadin, A., Reducing the dropout rate in an introductory programming course., ACM Inroads, 2(4), 71-76, 2011.

John R., 2014, 15 Characteristic of a Good Programmer [ONLINE]. Available : http://www.entrepreneur.com/article/240644

Characteristics of a Programming Language [ONLINE]. Available : http://www.ustudy.in/node/10299

Hartree, D.R., Calculating instruments and machines, Cambridge University Press.

SitiRosminah MD Derus, Ahmad ZamzuriMohamad Ali., DIFFICULTIES IN LEARNING PROGRAMMING: VIEWS OF STUDENTS, Faculty of Art, Computing and Creative Industry, Malaysia.

Wrubel, M.H., A primer of programming for digital computers., McGRaw Hill.

Wilkes, M. V., Automatic digital computers, Cambridge University Press.

A. F. Blackwell., What is Programming?, University of Cambridge Computer Laboratory, pages 204-218.

E. Lahtinen, K. Ala-Mutka, and H.-M. Järvinen, A study of the difficulties of novice programmers, ACM SIGCSE Bulletin, vol. 37, no. 3, p. 14, Sep. 2005.

T. Jenkins, On the difficulty of learning to program, in Proceedings of the 3rd Annual Conference of the LTSN Centre for Information and Computer Sciences, 2002, vol. 4, pp. 53–58.

Code Academy, Codeacademy Stories, [ONLINE] Available : https://www.codecademy.com/stories

A.Gomes dan A.J. Mendes, Learning to program diffuculites and solutions, International Conference on Engineering, 2007.

C. Rinderknecht., A Survey on Teaching and Learning Recursive Programming., Department of Programming Languages and Compilers, Budapest, Hungary., Juli 2013.

A. Pears, Stephen Seidman, Linda Mannila, Maria Devlin, Lauri Malmi, Jens Bennedsen, Elizabeth Adams, James Paterson., A Survey of Literature on the Teaching of Introductory Programming.

Anthony Robins, Janet Rountree, Nathan Rountree., Learning and Teaching Programming: A Review and Discussion., Computer Science, University of Otago, Dunedin, New Zealand.

Lynda T., Mark R., John W., and Emma J., Learning Styles and Performance in the introductory Programming Sequence, Department of Computer Science, University of Wales, Aberystwyth, UK.

Vivian C., Michael J., The significance of learning sytle with respect to achievement in first year programming students, ECU Publications Pre.2011, Edith Cowan University Research Online.

L. Fowler, V. Campbell, D. McGill, and G.G. Roy, An Innovative Approach to teaching First Year Programming Supported by Learning Style Investigation, 14 th Annual Conference for Australasian Assocication for Engineering Education, Melbourne, Australia, 2003.