Analisa Pemilihan Aplikasi Ojek Online yang Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proces (AHP)

Main Article Content

Diyoga Silvani Kusapy
Eka Rini Yulia

Abstract

Saat ini, pemesanan ojek online dengan menggunakan aplikasi sudah menjadi cara paling umum dan tidak heran jika munculnya aplikasi yang serupa sehingga terjadinya persaingan bisnis. Dengan adanya persaingan tersebut, tiap aplikasi tentunya menyediakan pelayanan yang terbaik agar dapat disukai oleh masyarakat. Tetapi dengan pelayanan yang disediakan oleh tiap aplikasi tersebut, belum tentu sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga membuat masyarakat bingung untuk memilih salah satu aplikasi terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya. Maka dari itu, diperlukan sebuah metode yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan  yaitu menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Metode tersebut digunakan dalam menguji penentuan aplikasi pemesanan ojek online yang memenuhi kebutuhan masyarakat dengan kriteria yang telah ditentukan antara lain waktu pemesanan, metode pembayaran, potongan harga, sampai kenyamanan pada layanan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Gojek merupakan aplikasi posisi pertama yang paling diminati dalam pemilihan pemesanan ojek online yang memenuhi kebutuhan masyarakat dengan perolehan nilai 0,5308 atau 53%. Kemudian, Grab untuk posisi kedua dengan perolehan nilai 0,3064 atau 31%. Dan Maxim untuk posisi ketiga dengan perolehan nilai 0,1637 atau 16%. Guna membantu perhitungan penelitian ini, dibuatnya program untuk Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Pemilihan Aplikasi Ojek Online yang menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kusapy, D., & Yulia, E. (2023). Analisa Pemilihan Aplikasi Ojek Online yang Memenuhi Kebutuhan Masyarakat Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proces (AHP). Jurnal Eksplora Informatika, 13(1), 88-99. https://doi.org/10.30864/eksplora.v13i1.861
Section
Articles