Perancangan Augmented Reality Convention Center STMIK STIKOM Bali Sebagai Media Promosi
Main Article Content
Abstract
Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime). Penerapan teknologi multimedia ini sudah semakin banyak diterapkan di berbagai sektor industri sebagai sebuah media informasi untuk berbagai kepentingan, tidak terkecuali sebagai sebuah media promosi. STMIK STIKOM Bali sebagai sebuah perguruan tinggi ICT di Bali saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Terbukti dengan seringnya diadakan berbagai event yang dilaksanakan di Convention Center yang dimiliki oleh STMIK STIKOM Bali. Hal ini tentu saja sangat memberi dampak positif terutama bagi kegiatan promosi STMIK STIKOM Bali. Pada penelitian ini, dibuat sebuah perancangan Augmented Relaity untuk Convention Center STMIK STIKOM Bali yang dapat dijadikan sebagai media promosi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Azuma, R.T., et al. 2011. Indirect Augmented Reality. United State : Nokia Research Center Hollywood.
Milgram, Paul., et al. 1994. Augmented Reality: A class of displays on the reality-virtuality continuum. Japan : ATR Communication Systems Research Laboratories
Sylva, R., et al. 2005. Introduction to Augmented Reality. Brazil : National Laboratory of Scientific Computation
R.Lyu, Michael. 2012. Digital Interactive Game Interface Table Apps. Hongkong : Chinese University of Hongkong
Nugroho, Adi (2009). Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan Java. Yogyakarta : Adi Offset