Pengembangan Aplikasi Denpasar Festival Pada Platform Mobile
Main Article Content
Abstract
Denpasar Festival adalah sebuah ‘display’ tentang kekayaan sumber daya kreatif kota Denpasar dan pemerintah kota ingin selalu melibatkan semua stakeholders dari komunitas dan industrI kreatif untuk bersama-sama membangun Denpasar menjadi kota yang sungguh-sungguh kreatif. Festival yang lahir dari keterlibatan publik, akademisi, seniman, komunitas, pelaku industri terkait dan pemerintah ini secara langsung menarik minat wisatawan domestik maupun internasional untuk mengunjungi festival ini. Namun, penyebaran informasi yang dilakukan melalui media cetak, masih dianggap kurang informatif untuk menjangkau wisatawan dikarenakan keterbatasan akan ruang informasi yang dipaparkan dan jangkauan penyebaran media cetak tersebut. Selain itu, kurangnya konten berbahasa inggris tentu menyulitkan wisatawan internasional dalam mengkonsumsi informasi yang disajikan. Salah satu alternatif dalam hal ini adalah melalui media interaktif berupa aplikasi yang dapat diimplementasikan pada smartphone berbasis pada android. Proses pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, analisa sistem, perancangan yaitu melakukan pemodelan sistem dan desain antarmuka sistem. Hasil akhir dari perancangan ini berupa aplikasi yang dapat diimplementasikan pada platform mobile dengan sistem operasi android yang berisikan informasi dan gambar terkait acara Denpasar Festival. Pada aplikasi ini pengujian dilakukan dengan metode pengujian black box dengan mengamati output tampilan yang muncul dari hasil eksekusi yang dilakukan. Dari hasil pengujian dengan metode ini, dapat disimpulkan bahwa seluruh proses telah berjalan dengan berhasil.
Article Details
Section
Articles
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
How to Cite
Pengembangan Aplikasi Denpasar Festival Pada Platform Mobile. (2016). Jurnal Eksplora Informatika, 5(1), 97-108. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/80
References
Mahmoud, QH, dan Dyer, A. Mengintegrasikan BlackBerry Nirkabel Perangkat ke
Pemrograman Komputer dan Melek Program. Proceedings of Tenggara Tahunan ke-45
Konferensi Regional (ACM-SE 2007). Winston-Salem, NC, USA. 2007
Marizka Sandy Welly. Media Informasi Interaktif Wisata Budaya Kabupaten Pacitan Berbasis
Multimedia. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. FTI UNSA. 2013
Irawan Dwi. Pembuatan Animasi 3 Dimensi Wisata Pantai Klayar Pada Dinas Pariwisata
Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. FTI UNSA. 2013
Solihin Putra Fajar. Implementasi Sistem Informasi Pariwisata Mobile Untuk Provinsi Sumatera
Barat Berbasis Multimedia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2-4 Desember 2013.
Juniartha Wayan, Bandem Marlowe. Creative in Motion “Lima Tahun Perjalanan Denpasar
Festivalâ€. 2013: 9-41
Luther, C. Multimedia Authoring Interactive. Boston:AP Professional. 1994
Triandini, Evi, Suardika, I Gede. Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta :
ANDI. 2012: 11-13Stikubank Semarang)†Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol XI No. 2
, 124-133
Pemrograman Komputer dan Melek Program. Proceedings of Tenggara Tahunan ke-45
Konferensi Regional (ACM-SE 2007). Winston-Salem, NC, USA. 2007
Marizka Sandy Welly. Media Informasi Interaktif Wisata Budaya Kabupaten Pacitan Berbasis
Multimedia. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. FTI UNSA. 2013
Irawan Dwi. Pembuatan Animasi 3 Dimensi Wisata Pantai Klayar Pada Dinas Pariwisata
Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. FTI UNSA. 2013
Solihin Putra Fajar. Implementasi Sistem Informasi Pariwisata Mobile Untuk Provinsi Sumatera
Barat Berbasis Multimedia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2-4 Desember 2013.
Juniartha Wayan, Bandem Marlowe. Creative in Motion “Lima Tahun Perjalanan Denpasar
Festivalâ€. 2013: 9-41
Luther, C. Multimedia Authoring Interactive. Boston:AP Professional. 1994
Triandini, Evi, Suardika, I Gede. Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta :
ANDI. 2012: 11-13Stikubank Semarang)†Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol XI No. 2
, 124-133