Pengembangan Aplikasi Denpasar Festival Pada Platform Mobile

Main Article Content

I Gede Harsemadi
I Made Adi Purwantara
Ni Made Dewi Purnama Sari

Abstract

Denpasar Festival adalah sebuah ‘display’ tentang kekayaan sumber daya kreatif kota Denpasar dan pemerintah kota ingin selalu melibatkan semua stakeholders dari komunitas dan industrI kreatif untuk bersama-sama membangun Denpasar menjadi kota yang sungguh-sungguh kreatif. Festival yang lahir dari keterlibatan publik, akademisi, seniman, komunitas, pelaku industri terkait dan pemerintah ini secara langsung menarik minat wisatawan domestik maupun internasional untuk mengunjungi festival ini. Namun, penyebaran informasi yang dilakukan melalui media cetak, masih dianggap kurang informatif untuk menjangkau wisatawan dikarenakan keterbatasan akan ruang informasi yang dipaparkan dan jangkauan penyebaran media cetak tersebut. Selain itu, kurangnya konten berbahasa inggris tentu menyulitkan wisatawan internasional dalam mengkonsumsi informasi yang disajikan. Salah satu alternatif dalam hal ini adalah melalui media interaktif berupa aplikasi yang dapat diimplementasikan pada smartphone berbasis pada android. Proses pembuatan aplikasi ini dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, analisa sistem, perancangan yaitu melakukan pemodelan sistem dan desain antarmuka sistem. Hasil akhir dari perancangan ini berupa aplikasi yang dapat diimplementasikan pada platform mobile dengan sistem operasi android yang berisikan informasi dan gambar terkait acara Denpasar Festival. Pada aplikasi ini pengujian dilakukan dengan metode pengujian black box dengan mengamati output tampilan yang muncul dari hasil eksekusi yang dilakukan. Dari hasil pengujian dengan metode ini, dapat disimpulkan bahwa seluruh proses telah berjalan dengan berhasil.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Harsemadi, I. G., Purwantara, I. M. A., & Purnama Sari, N. M. D. (2016). Pengembangan Aplikasi Denpasar Festival Pada Platform Mobile. Jurnal Eksplora Informatika, 5(1), 97-108. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/80
Section
Articles

References

Mahmoud, QH, dan Dyer, A. Mengintegrasikan BlackBerry Nirkabel Perangkat ke

Pemrograman Komputer dan Melek Program. Proceedings of Tenggara Tahunan ke-45

Konferensi Regional (ACM-SE 2007). Winston-Salem, NC, USA. 2007

Marizka Sandy Welly. Media Informasi Interaktif Wisata Budaya Kabupaten Pacitan Berbasis

Multimedia. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. FTI UNSA. 2013

Irawan Dwi. Pembuatan Animasi 3 Dimensi Wisata Pantai Klayar Pada Dinas Pariwisata

Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed. FTI UNSA. 2013

Solihin Putra Fajar. Implementasi Sistem Informasi Pariwisata Mobile Untuk Provinsi Sumatera

Barat Berbasis Multimedia. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia. 2-4 Desember 2013.

Juniartha Wayan, Bandem Marlowe. Creative in Motion “Lima Tahun Perjalanan Denpasar

Festival”. 2013: 9-41

Luther, C. Multimedia Authoring Interactive. Boston:AP Professional. 1994

Triandini, Evi, Suardika, I Gede. Step by Step Desain Proyek Menggunakan UML. Yogyakarta :

ANDI. 2012: 11-13Stikubank Semarang)” Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, Vol XI No. 2

, 124-133