Menentukan Faktor-Faktor Akademik yang Mempengaruhi Hasil Belajar Online Selama Pandemi COVID-19

Main Article Content

Syafrial Fachri Pane
Ravi Rahmatul Fajri

Abstract

Pandemi COVID19 adalah krisis kesehatan global. Dalam bidang pendidikan, pembelajaran online dengan sistem e-learning merupakan kebutuhan yang tidak tergantikan. Banyak yang berpendapat bahwa pembelajaran online adalah krisis pendidikan saat ini. Namun, sebagian besar siswa tidak tertarik untuk belajar online karena mengandalkan kualitas Internet, yang membatasi interaksi mereka dan membuat kualitas suara dan gambar tidak stabil. Tentu tidak mudah untuk mengetahui faktor akademik yang mempengaruhi hasil belajar online selama pandemi COVID-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor akademik yang mempengaruhi hasil belajar online selama pandemi COVID-19. Menggunakan data lokal Politeknik di Pulau Jawa. Penelitian ini menggunakan analisis Cronbach-Alpha, Bayesian Exploration, EFA-tradisional dan Analisis Regresi Multivariat (OLS). Hasil evaluasi skala penelitian menunjukkan bahwa 28 variabel diamati. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil belajar online dipengaruhi oleh enam faktor. Desain kursus, kegunaan yang dirasakan, kemudahan penggunaan, Karakteristik pembelajaran, Kapasitas fakultas, Konten kursus. Regresi multivariat berdasarkan metode kuadrat minimum (OLS) untuk mengevaluasi faktor-faktor spesifik yang mempengaruhi pembelajaran online dan menguji hipotesis. Tingkat akurasi model OLS sebesar 45,8%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pane, S., & Fajri, R. (2024). Menentukan Faktor-Faktor Akademik yang Mempengaruhi Hasil Belajar Online Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Eksplora Informatika, 12(1), 73-85. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i1.789
Section
Articles

References

WY Cikusin dan H., “Wabah Virus Corona (COVID-19): Studi di Desa Pandansari Lor Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang,” Jurnal Inovasi Penelitian, hlm.1627-1634, 2021.

Y. Levani, AD Prastya dan S. Mawaddatunnadila, “Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Patogenesis, Manifestasi Klinis dan Pilihan Terapi,” Journal of Medicine and Health, hlm. 44-57, 2021.

S. Dhawan, “Pembelajaran Daring: Obat Mujarab di Saat Krisis COVID-19,” hal. 5-22, 2020.

W. Zhang, Y. Wang, L. Yang dan C. Wang, “Menunda Kelas Tanpa Berhenti Belajar: Kebijakan Manajemen Darurat Pendidikan Tiongkok dalam Wabah COVID-19,” vol. 13, hal. 3 Agustus 2020.

I. Chatterjee dan P. Chakraborty, “Penggunaan Teknologi Komunikasi Informasi oleh Pendidik Kedokteran di Tengah Pandemi COVID-19 dan Sesudahnya,” Jurnal Sistem Teknologi Pendidikan, vol. 49, tidak. 3, hal.310-324, 2020.

C. Nash, “Laporan Literasi Digital dalam Pertemuan Akademik selama Lockdown COVID-19 2020,” tantangan, 2020.

Z. Lassoued, M. Alhendawi dan R. Bashitialshaaer, “Studi Eksplorasi Hambatan Pencapaian Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi COVID-19,” ilmu pendidikan, vol. 10, tidak. 232, hal. 13-02-2022.

M. Habes, SA Salloum, M. Alghizzawi dan MS Alshably, "Peran teknologi media modern dalam meningkatkan pembelajaran kolaboratif mahasiswa di universitas-universitas Yordania," Jurnal Internasional Teknologi Informasi dan Studi Bahasa, vol. 2, tidak. 3, hal.72-82, 2018.

M. Habes, SA Salloum, M. Alghizzawi, MSOA Alshively, M. Habes dan M. Alghizzawi, “Investigasi Empiris Penggunaan Informasi, Teknologi Komunikasi untuk Pemerolehan Bahasa Inggris: Studi Kasus dari Yordania,” International Journal of Inovasi di bidang Teknik dan Sains, hal.261-269, 2020.

TTT Pham, HA Le dan D.. T. Do, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Daring Siswa pada Masa Pandemi COVID-19: Analisis Faktor Eksplorasi Bayesian,” Hindawi, hlm. 1-13, 2021.

K. Alhumaid, S. Ali, A. Waheed, E. Zahid dan M. Habes, "COVID-19 & Elearning: Persepsi & Sikap Guru Terhadap Penerimaan E-Learning di Negara Berkembang," Pendidikan Multikultural, vol. 6, tidak. 2, hal.100-114, 2020.

I. Erkan dan C. Evans, "Pengaruh eWOM di media sosial terhadap niat membeli konsumen: Pendekatan yang diperluas terhadap adopsi informasi," Computers in Human Behavior, vol. 61, hal.47-55, 2016.

M. Debattista, Jurnal Internasional Teknologi Informasi dan Pembelajaran, vol. 35, tidak. 2, hal.94-104, 2018.

Z. Alrefaie, M. Hassanien dan A. Al-Hayani, “Memantau Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19; Portofolio Pembelajaran Online yang Disarankan (COVID-19 OLP),” MedEdPublish, vol. 9, hal.1-4, 2020.

M. Kebritchi, A. Lipschuetz dan L. Santiague, “Masalah dan Tantangan untuk Mengajar Kursus Online yang Sukses di Pendidikan Tinggi: Tinjauan Literatur,” Jurnal Sistem Teknologi Pendidikan, vol. 46, tidak. 1, hal. 4-29, 2017.

MH Taha, ME Abdalla, M. Wadi dan H. Khalafalla, “Penyampaian kurikulum dalam Pendidikan Kedokteran pada masa darurat: Panduan berdasarkan tanggapan terhadap pandemi COVID-19,” MedEdPublish, vol. 9, hal. 1-12, 2020.

P. Ashwin dan D. McVitty, Makna Keterlibatan Mahasiswa: Implikasinya terhadap Kebijakan dan Praktik, Persatuan Mahasiswa Nasional, London, Inggris: The European Higher Education Area, 2015.

A. Khamparia dan B. Pandey, Dampak Multimedia Interaktif dalam Teknologi E-Learning: Peran Multimedia dalam E-Learning, USA: dalam Meningkatkan Riset Akademik dengan Prinsip Manajemen Pengetahuan, IGI Global, Pennsylvania, 2017.

HI Akyüz dan S. Samsa, "Pengaruh lingkungan pembelajaran campuran terhadap keterampilan berpikir kritis siswa," Procedia - Ilmu Sosial dan Perilaku, vol. 1, tidak. 1, hal.1744-1748, 2009.

OF Yew dan M. Jambulingam, “Faktor Penting Keberhasilan Implementasi E-learning di Institusi Pendidikan,” Jurnal Penelitian Interdisipliner dalam Pendidikan, vol. 5, tidak. 1, hal.17-24, 2015.

S. Ricart dan RA Villar-Navascués, “Dapatkah Perilaku Pengambil MOOC Membahas Arti Tingkat Keberhasilan-Keputusan Sekolah? Pemain, Auditor, dan Penonton dalam Kursus Analisis Geografis tentang Resiko Alam,” Sustainability, vol. 12, tidak. 12, hal. 1-18, 2020.

NN Noesgaard dan R. ONoesgaard, “Efektifitas E-Learning: Tinjauan Eksploratif dan Integratif terhadap Definisi, Metodologi dan Faktor yang Mempromosikan Efektivitas e-Learning,” The Electronic Journal of eLearning, vol. 13, tidak. 4, hal.278-290, 2015.

I. Jung dan S. Cho, "Pengaruh Berbagai Jenis Interaksi terhadap Prestasi Belajar, Kepuasan dan Partisipasi dalam Pengajaran Berbasis Online," Inovasi dalam Pendidikan dan Pengajaran Internasional, vol. 39, tidak. 2, hal. 153–162, 2002.

KA Bollen, Persamaan Struktural dengan Variabel Laten, USA: Hoboken, 1989.

JC ANDERSON dan DW GERBING, "Pengaruh Kesalahan Sampling Pada Konvergensi, Solusi yang Tidak Tepat, Dan Indeks Kebaikan Untuk Analisis Faktor Konfirmatori Kemungkinan Maksimum," PSYCHOMETRICA, vol. 49, tidak. 2, hal.155-173, 1984.

WG COCHRAN, Sampling Techniques, USA: edisi ketiga, 1963.

SA Salloum dan M. Al-Emran, "Memahami dampak praktik media sosial terhadap penerimaan sistem E-learning," Springer Nature Switzerlan, hlm.360-369, 2020.

HAM Malik dan F. Abid, “Tantangan ilmu komputer dan TI dalam proses belajar-mengajar di Arab Saudi,” Sukkur IBA Journal of Computing and Mathematical Sciences, vol. 2, tidak. 1, hal.29-35, 2018.

N. Ahmad dan NN Quadri, "Pemodelan Hubungan Faktor Keberhasilan Kritis untuk Meningkatkan Keberlanjutan dan Kinerja dalam E-Learning," Sustainability, vol. 10, tidak. 12, hal. 4776, 2018.

I. Jung dan S. Cho, "Pengaruh Berbagai Jenis Interaksi terhadap Prestasi Belajar, Kepuasan dan Partisipasi dalam Pengajaran Berbasis Online," Inovasi dalam Pendidikan dan Pengajaran Internasional, vol. 39, tidak. 2, hal.153-162, 2002.

TK SHIH dan WKTM GUNARATHNE, “Pengelompokan rekan berdasarkan derajat yang saling melengkapi dan hubungan sosial menggunakan algoritma genetika,” ACM Transactions on Internet Technology, vol. 19, tidak. 1, hal. 29, 2018.

G. Conti dan S. Frühwirth-Schnatter, “Analisis faktor eksplorasi Bayesian,” Journal of Econometrics, vol. 183, tidak. 1, hal.31-57, 2014.

W. Ledermann, “Pada peringkat matriks korelasi tereduksi dalam analisis beberapa faktor,” Psychometrika, vol. 2, tidak. 2, hal.85-93, 1937.