Rancang Bangun Aplikasi Informasi Kehadiran dengan Teknologi Augmented Reality
Main Article Content
Abstract
Informasi kehadiran merupakan hal penting untuk disajikan pada aktivitas organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi yang menampilkan informasi kehadiran secara visual dengan cara pendeteksian wajah berteknologi augmented reality. Bentuk sajian visual memberikan kemudahan menangkap informasi bagi penggunanya dan lebih menarik secara tampilan. Metode Research and Development digunakan untuk mengembangkan aplikasi, terdiri dari tahapan Preliminary, Protopyping Stage, Summative Evaluation, Systematic Reflection and Documentation. Penelitian dilakukan pada sebuah sekolah dengan melibatkan sepuluh guru sebagai sampel. Perangkat lunak pendukung yang digunakan yaitu Unity versi 5, Adobe Photoshop. Hasil Penelitian berupa aplikasi penyajian informasi kehadiran dengan cara pendeteksian wajah penggunanya. Aplikasi menggunakan teknologi augmented reality yang dijalankan pada perangkat mobile. Cara akses dengan pendeteksian wajah menjadi alternatif dalam kemudahan akses. Material yang dibutuhkan pada pembuatan fitur ini dengan opencv berupa pustaka perangkat lunak untuk pengolahan gambar dinamis secara real-time, banyak fitur pengenalan wajah, deteksi wajah, dan berbagai jenis metode artificial intelegence. Fitur augmented reality dengan penambahan fungsi, dimana kamera terarah ke subjek maka muncul informasi kehadiran. Hasil pengujian aplikasi dengan melibatkan ahli dan pengguna, aplikasi dapat diterima dengan baik dari sisi kemudahan mengoperasikan, tingkat toleransi kesalahan, kesesuaian dan desain visual. Penelitian selanjutnya diharapkan mengintegrasikan bukan hanya informasi kehadiran, tapi sajian informasi lainnya pada organisasi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.