Game simulasi belajar berhitung dengan metode Jarimagic berbasis multimedia untuk anak TK
Main Article Content
Abstract
Berhitung menjadi momok yang menakutkan untuk sebagian siswa, karena berhitung itu sulit membutuhkan penalaran, ketekunan dan konsentrasi. Metode jarimagic yang dituangkan ke dalam bentuk game simulasi dapat dijadikan sarana dalam belajar berhitung, karena game tersebut mampu memvisualisasikan benda atau angka-angka dilayar komputer. Menggunakan game simulasi berhitung dengan metode jarimagic berbasis multimedia yang memanfaatkan text, gambar, suara, video dan animasi, menjadikan belajar berhitung menjadi lebih mudah, menarik dan menyenangkan. Dalam game simulasi yang di implementasikan dalam bentuk perangkat lunak tersebut di buat dalam beberapa level, sehingga siswa selalu terpacu untuk menyelesaikan game tersebut. Belajar dengan game simulasi berhitung dengan metode jarimagic berbasis multimedia menjadikan berhitung lebih riil, kreatif dan interaktif. Game simulasi berhitung dengan metode jarimagic berbasis multimedia dapat membantu dalam mengatasi keterbatasan waktu belajar di sekolah karena proses belajar dapat dilakukan di rumah secara mandiri
Article Details
Section
Articles
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
How to Cite
Game simulasi belajar berhitung dengan metode Jarimagic berbasis multimedia untuk anak TK. (2016). Jurnal Eksplora Informatika, 5(1), 1-10. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/71
References
Athif Abul’Id. & Syeikh M. Sa’id Marsa.(2009). Bermain Lebih Baik daripada Nonton Tv.Ziyad
Visi Media. Surakarta.
Darjat.(2009). Belajar Flash untuk Pemula.Media Kom. Jogjakarta
Dr. Suyatno.M.Pd. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka. Waru
Sidoarjo-Jawa Timur.
F.X. Catur Supatmono. (2009). Matematika Asyik. Asyik Mengajarnya. Asyik Belajarnya. Grasindo
Jakarta.2009.
Fajar Aulia. M.(2008). Berhitung Dahsyat dengan jari.Jarimagic.Penjumlahan dan Pengurangan.
Pustaka Widyatama, Yogyakarta.
John C. Beck & Mitchell Wade.(2007). Gamers juga bisa Sukses.Grasindo. Jakarta.
Jonathan Sarwoto. Belajar statistic menjadi mudah dan cepat. Penerbit Andi.Jogyakarta 2010..
Visi Media. Surakarta.
Darjat.(2009). Belajar Flash untuk Pemula.Media Kom. Jogjakarta
Dr. Suyatno.M.Pd. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka. Waru
Sidoarjo-Jawa Timur.
F.X. Catur Supatmono. (2009). Matematika Asyik. Asyik Mengajarnya. Asyik Belajarnya. Grasindo
Jakarta.2009.
Fajar Aulia. M.(2008). Berhitung Dahsyat dengan jari.Jarimagic.Penjumlahan dan Pengurangan.
Pustaka Widyatama, Yogyakarta.
John C. Beck & Mitchell Wade.(2007). Gamers juga bisa Sukses.Grasindo. Jakarta.
Jonathan Sarwoto. Belajar statistic menjadi mudah dan cepat. Penerbit Andi.Jogyakarta 2010..