Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah Imogiri Menggunakan Metode Profile Matching

Main Article Content

Andri Rospita
Yoga Pristyanto
Akhmad Dahlan

Abstract

Guru mempunyai andil yang besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah, sehingga penting untuk dilakukan penilaian kinerja guru untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru dalam menjalankan tugasnya. Saat ini penilaian kinerja guru di SMK Muhammadiyah Imogiri masih dilakukan secara manual sehingga sering terjadi kesalahan dalam melakukan perhitungan nilai dan memerlukan waktu yang lama untuk mengelola data tersebut. Berdasarkan permasalahan yang ada maka dirancanglah sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode profile matching. Dengan adanya sistem ini penilaian kinerja guru dapat lebih efektif dan efisien. Proses pada metode profile matching adalah dengan membandingkan antar kompetensi individu ke dalam potensi suatu jabatan sehingga dapat diketahui perbedaan kompetensinya (GAP). Metode tersebut memiliki tingkat objektifitas yang lebih baik dibanding metode lain dan mempertimbangkan konsistensi yang logis dalam penilaian. Hasil pengujian didapatkan akurasi sistem 93,33% terhadap 30 data yang diuji, hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode profile pada sistem mempunyai tingkat akurasi yang baik dan dapat mengatasi permasalahan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rospita, A., Pristyanto, Y., & Dahlan, A. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru Di SMK Muhammadiyah Imogiri Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Eksplora Informatika, 12(1), 46-58. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i1.613
Section
Articles

References

Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi, 2007.

F. D. S. Atmanegara, R. R. M. Putri, and Sutrisno, “Implementasi Metode Profile Matching untuk Seleksi Penerimaan Anggota Asisten Praktikum ( Studi Kasus: Laboratorium Pembelajaran Kelompok Praktikum Basis Data FILKOM ),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 12, pp. 1804–1812, 2017.

B. Sutara, D. R. Amalia, and A. Q. Migdad, “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Guru Berbasis Profile Matching (Gap),” J. ICT Inf. Commun. Technol., vol. 15, no. 1, pp. 6–10, 2016.

A. Sudarmadi, Edy Santoso, and Sutrisno, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Personel Homeband Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Profile Matching,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 1, no. 12, pp. 1788–1796, 2017, [Online]. Available: www.j-ptiik.ub.ac.id.

J. Fitriana, E. F. Ripanti, and T. Tursina, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi dengan Metode Profile Matching,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 6, no. 4, p. 153, 2018, doi: 10.26418/justin.v6i4.27113.

V. Ariandi, “Penerapan Metode Profile Matching Dalam Pengambilan Keputusan Kinerja Guru Pada SMA Negeri 6 Sijunjung,” J. RESIDU, vol. 3, no. 13, pp. 119–129, 2019.

H. Al Fatta, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta: Andi, 2007.

M. R. Arief, Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2011.

A. I. C. Dewi, “Implementasi Metode SAW (Simple Additive Weighting) Pada Sistem Seleksi Penerimaan Karyawan CV Parama Creative,” 2019.

R. A. S and M. Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung, 2018.