Pemetaan Profil Mahasiswa Untuk Peningkatan Strategi Promosi Perguruan Tinggi Menggunakan Predictive Apriori

Main Article Content

Irfan Pratama
Putri Taqwa Prasetyaningrum

Abstract

Program promosi melalui berbagai media untuk meningkatkan dan menguatkan rekrutmen mahasiswa yang terdistribusi pada setiap program studi secara ideal dan setara diperlukan untuk membuat perguruan tinggi selalu bertumbuh. Demografis mahasiswa dapat menjadi karakteristik khusus dalam memilih program studi. Begitupun lata belakang pendidikan mahasiswa dan keluarga. Berdasarkan masalah yang telah dikemukakan sebelumnya, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait data pendaftaran mahasiswa. Secara spesifik pengolahan terhadap data secara konseptual dapat dilakukan menggunakan proses Data Mining. Salah satu proses dari Data Mining yang dapat memberikan pengetahuan tentang keterkaitan antar variabel data adalah Association-Rule Mining. Metode yang digunakan yaitu Predictive Apriori sebagai metode asosiasi untuk mengekstrak profil mahasiswa dari universitas untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang apa yang harus dilakukan tim pemasaran untuk memperkuat kampanye pemasaran.  Data tersebut akan diolah sehingga dapat dikenali karakteristik atau pola dari data-data yang ada dengan harapan dapat memberikan pengetahuan untuk dapat meningkatkan efektifitas promosi dan rekrutmen mahasiswa. Metode tersebut menghasilkan total 44456 rules, yang selanjutnya dilakukan filter berdasarkan rules yang mengandung atribut Prodi dan nilai akurasi minimum 90% (0.9). Rules yang dihasilkan akan dijadikan saran ajuan terhadap bagian pemasaran untuk melakukan pola roadshow atau promosi sesuai pola yang telah terbentuk.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Pratama, I., & Prasetyaningrum, P. (2021). Pemetaan Profil Mahasiswa Untuk Peningkatan Strategi Promosi Perguruan Tinggi Menggunakan Predictive Apriori. Jurnal Eksplora Informatika, 10(2), 159-166. https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.505
Section
Articles

References

Pddikti, “Grafik Jumlah Perguruan Tinggi,” 2020. [Online]. Available: Https://Forlap.Ristekdikti.Go.Id/Perguruantinggi/Homegraphpt. [Accessed: 10-Mar-2020].

P. Kotler And K. L. Keller, Marketing Management, 15th Ed. Pearson Education Inc., 2016.

V. Dhar, “Data Science And Prediction,” Commun. Acm, Vol. 56, No. 12, Pp. 64–73, 2013, Doi: 10.1145/2500499.

J. Leek, “The Key Word In ‘Data Science’ Is Not Data, It Is Science,” 2012. [Online]. Available: Https://Simplystatistics.Org/2013/12/12/The-Key-Word-In-Data-Science-Is-Not-Data-It-Is-Science/.

I. H. Witten, E. Frank, And M. A. Hall, Data Mining: Practical Machine Learning Tools And Techniques, 3rd Ed. San Francisco, Ca, Usa: Morgan Kaufmann Publishers Inc., 2011.

L. C. Yu, C. L. Chan, C. C. Lin, And I. C. Lin, “Mining Association Language Patterns Using A Distributional Semantic Model For Negative Life Event Classification,” J. Biomed. Inform., Vol. 44, No. 4, Pp. 509–518, 2011, Doi: 10.1016/J.Jbi.2011.01.006.

S. Yakub, “Analisis Data Mining Untuk Strategi Promosi Produk Kosmetik Di Wardah Kosmetik Menggunakan Metode Apriori,” Vol. 3, No. 1, Pp. 163–181, 2020.

U. Baetulloh, A. I. Gufroni, And R. -, “Penerapan Metode Association Rule Mining Pada Data Transaksi Penjualan Produk Kartu Perdana Kuota Internet Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro Dan Ilmu Komput., Vol. 10, No. 1, Pp. 173–188, 2019, Doi: 10.24176/Simet.V10i1.2890.

A. F. Afif, E. R. Swedia, And M. Cahyanti, “Implementasi Algoritma Association Rule Untuk Promosi Produk Berbasis Website Pada Bengkel Delta Jaya Motor,” J. Ilm. Teknol. Dan Rekayasa, Vol. 24, No. 2, Pp. 152–160, 2019, Doi: 10.35760/Tr.2019.V24i2.2034.

Y. Apridonal, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Assiciation Rule Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penjualan Barang,” Jurteksi, Vol. V, No. 2, Pp. 193–198, 2019.

H. Kusumo, E. Sediyono, And M. Marwata, “Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendukung Strategi Promosi Perguruan Tinggi,” Walisongo J. Inf. Technol., Vol. 1, No. 1, P. 49, 2019, Doi: 10.21580/Wjit.2019.1.1.4000.

H. Maulidiya, A. Jananto, G. Special, I. A. Bawang, M. Sedap, And M. Asosiasi, “Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Dan Fp-Growth Sebagai Dasar Pertimbangan Penentuan Paket Sembako,” Pp. 978–979, 2020.

R. J. A. Little And D. B. Rubin, Statistical Analysis With Missing Data. New York, Ny, Usa: John Wiley &Amp; Sons, Inc., 1986.

S. Zhang, “Nearest Neighbor Selection For Iteratively Knn Imputation,” J. Syst. Softw., Vol. 85, No. 11, Pp. 2541–2552, 2012, Doi: 10.1016/J.Jss.2012.05.073.

T. Data Detective, “Preprocessing: Encode And Knn Impute All Categorical Features Fast,” 2019.

T. Scheffer, “Finding Association Rules That Trade Support Optimally Against Confidence,” Intell. Data Anal., Vol. 9, No. 4, Pp. 381–395, 2005, Doi: 10.3233/Ida-2005-9405.