Seleksi Penerima Bantuan Rehab Rumah Warga Kampung Koya Koso Menggunakan Metode Profile Matching

Main Article Content

Jim Lahallo
Patmawati Hasan
Jenny Temba
Rosiyati M.H. Thamrin

Abstract

Kantor Kampung Koya Koso merupakan salah satu kantor pemerintahan yang berada di kecamatan Abepura yang mendapatkan beberapa bantuan dari pemerintah diantaranya bantuan rehab rumah yang diberikan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat setiap 1(Satu) tahun sekali. Permasalahan yang ditemui dalam seleksi adalah proses pengelolaan hasil survei. Dimana hasil survei tersebut masih dicatat pada selembaran kertas atau buku besar, kemudian berdasarkan hasil survei selanjutnya kepala kampung menentukan warga yang rumahnya layak untuk direhab. Oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang dapat membantu tim penyeleksi dalam menentukan penerima bantuan rehab rumah dengan menggunakan metode profile matching yang menggunakan 3 kriteria yaitu: kondisi rumah, status rumah, dan tanggungan. Setiap kriteria memiliki 3 subkriteria sebagai faktor penilaian, 3 penilaian tersebut terdiri dari 2 core factor dan 1 secondary factor. Hasil pengujian didapatkan akurasi sistem dapat mencapai 100% terhadap 4 data yang menjadi dasar perhitungan dan menghasilkan 3 orang berhasil lulus seleksi dengan nilai 2,21 sampai dengan 2,47. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini dapat dijadikan alat bantu seleksi bantuan rehab rumah pada kantor kampung Koya Koso.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Lahallo, J., Hasan, P., Temba, J., & Thamrin, R. M. (2021). Seleksi Penerima Bantuan Rehab Rumah Warga Kampung Koya Koso Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal Eksplora Informatika, 10(2), 122-130. https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i2.493
Section
Articles

References

K. P. RI, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 Tentang Petunjuk Operasional Penyelenggaraan Dana Alokasi Khusus Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Indonesia, 2020, pp. 1–221.

A. Hidayat, A. Saepulloh, and sidi efendi Abdul, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Pembangunan Rumah Tidak Layak Huni Dengan Menggunakan Metode Profile Matching Di Kelurahan Sukaasih Kota Tasikmalaya,” J. Tek. Inform., vol. 6, no. 2, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.stmik-dci.ac.id/index.php/jutekin/article/view/196.

M. F. Mubarak, N. Hidayat, and M. Marji, “Rekomendasi Perbaikan Rumah Tidak Layak Huni Menggunakan Metode TOPSIS Studi Kasus Badan Keswadayaan Masyarakat Di Kelurahan Bekasi Jaya,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 4, pp. 3390–3395, 2019, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4934.

A. Sukmaindrayana and A. Hidayat, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK KLASIFIKASI RUMAH TANGGA MISKIN INI,” JUTEKIN, vol. 3, no. 1, pp. 23–30, 2015, doi: http://dx.doi.org/10.51530/jutekin.v3i1.72.

A. S. Rosa and M. Shalauddin, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika : BANDUNG., 2013.

F. Sari, Metode dalam pengambilan keputusan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2018.

L. Sitorus, Algoritma dan Pemrograman. Yogyakarta: Andi, 2015.

E. Y. Anggraeni and R. Irviani, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2017.

R. R. Rerung, Pemrograman Web Dasar, 1st ed. Bandung: CV BUDI UTAMA, 2018.

U. Hanifah, R. Alit, and Sugiarto, “Penggunaan Metode Black Box Pada Pengujian Sistem Informasi Surat Keluar Masuk,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. XI, no. 2, pp. 33–40, 2016, [Online]. Available: http://www.ejournal.upnjatim.ac.id/index.php/scan/article/view/643/517.