Rancang Bangun LINE Chatbot Informasi dan Edukasi Kesehatan Mental Menggunakan Algoritma Jaro Winkler
Main Article Content
Abstract
Tingkat pemahaman masyarakat di Kota Cirebon mengenai mental yang sehat dan cara penangannya masih rendah karena minimnya sosialisasi sehingga banyak mitos, stigma negatif, anggapan sepele, dan mispersepsi. Pengetahuan penanganan kesehatan mental merupakan faktor yang penting untuk dipahami karena menurut data kementrian kesehatan Indonesia masyarakat modern di perkotaan dan usia remaja lebih rentan mengalami resiko gangguan mental. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membangun chatbot sebagai media informasi edukasi pada platform LINE yang bertujuan untuk mensosialisasikan kesehatan mental pada masyarakat dan membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi layanan konsultasi offline (tatap muka) yang berlokasi di Cirebon dan konsultasi online yang merupakan konsultasi dengan konselor secara online melalui WhatsApp, LINE, E-mail, atau website diluar Cirebon. Metode yang diterapkan pada chatbot adalah algoritma jaro-winkler sebagai pemrosesan string pencocokan kata antara keyword dengan input user. Metode yang digunakan untuk mengembangkan perangkat lunak adalah SDLC model waterfall. Metode perancangan yang digunakan adalah analisis berorientasi objek menggunakan Unified Modeling Language (UML). Bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dengan MySQL sebagai database yang perlu dihostingkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah chatbot informasi dan edukasi kesehatan mental yang dapat memberikan sosialisasi dengan mudah, cepat, terkini, dan praktis kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman, kewaspadaan, dan kesadaran masyarakat terhadap hal yang berkaitan dengan kesehatan mental.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Y. Kurniawan and I. Sulistyarini, “Komunitas sehati (sehat jiwa dan hati) sebagai intervensi kesehatan mental berbasis masyarakat,†Insa. J. Psikol. dan Kesehat. Ment., vol. 1, no. 2, p. 112, Jan. 2017, doi: 10.20473/jpkm.v1i22016.112-124.
D. Domarco and N. M. S. Iswari, “Rancang bangun aplikasi chatbot sebagai media pencarian informasi anime menggunakan regular expression pattern matching,†J. Ultim., vol. 9, no. 1, pp. 19–24, 2017, doi: 10.31937/ti.v9i1.559.
Y. Faranika, N. Nikentari, and H. Kurniawan, “Sistem Pengukuran Dokumen Menggunakan Algoritma Jaro-Winkler Distance,†pp. 1–8.
A. Kornain, F. Yansen, and T. Tinaliah, “Penerapan Algoritma Jaro-Winkler Distance Untuk Sistem Pendeteksi Plagiarisme Pada Dokumen Teks Berbahasa Indonesia,†Progr. Stud. Tek. Inform. STMIK GI MDP, pp. 1–10, 2014.
M. Qulub, E. Utami, and A. Sunyoto, “Stemming Kata Berimbuhan Tidak Baku Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Jaro-Winkler Distance,†Creat. Inf. Technol. J., vol. 5, no. 4, p. 254, 2020, doi: 10.24076/citec.2018v5i4.218.
D. A. Rizaldhi, G. A. K. Rosyad, and A. D. Hartanto, “Implementasi Algoritma Sentence Similarity Terhadap Chatbot Seputar Amikom,†METHOMIKA J. Manaj. Inform. dan Komputerisasi Akunt., vol. 4, no. 1, pp. 10–14, 2020.
H. H. Herwin, “Super Agent Chatbot ‘3S’ Sebagai Media Informasi Menggunakan Metoda Natural Language Processing(NLP),†J. Teknol. Dan Open Source, vol. 2, no. 1, pp. 53–64, 2019, doi: 10.36378/jtos.v2i1.144.
S. Idaiani and A. Y. Kristanto, “Analisis Gejala Gangguan Mental Emosional Penduduk Indonesia,†Major. Kedokt. Indones., vol. 59, pp. 473–479, 2007.
C. Wibisono, “Pemanfaatan Approximate String Matching Menggunakan Jaro-Winkler Distance untuk Mengidentifikasi Typographical Error pada,†2018.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
T. Helmi, R. A. Munjin, and I. Purnamasari, “Kualitas Pelayanan Publik dalam Pembuatan Izin Trayek oleh DLLAJ Kabupaten Bogor,†J. Governansi, vol. 2, no. April, pp. 47–59, 2016.