Implementasi Forecasting Pada Perancangan Sistem Pembukaan Kelas di STIKOM Bali dengan Menggunakan Metode Regresi Linear

Main Article Content

Mirrah Zain
Ni Ketut Dewi Ari Jayanti
Yohanes Priyo Atmojo

Abstract


Pembukaan kelas merupakan salah satu bagian terpenting pada institusi pendidikan disaat awal pembelajaran yang akan dimulai. Dalam melakukan pembukaan kelas harus didukung dengan analisa data yang kuantitatif dengan hasil yang terukur sehingga menghasilkan jumlah kelas yang akurat. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pembukaan kelas diperiode berikutnya dengan cara meramalkan, dimana metode peramalan yang digunakan adalah metode regresi linear. Di dalam metode regresi ini menggambarkan hubungan antara paling tidak satu/lebih variabel bebas (independent variable) dan satu variabel bergantung (dependent variable) dengan tujuan untuk meramalkan nilai variabel bergantung dalam hubungan dengan nilai variabel bebas tertentu. Penelitian ini menggunakan periode waktu sebagai variabel bergantung dan data jumlah mahasiswa default serta mahasiswa yang kemungkinan mengulang dan yang belum mengambil sebagai variabel bebasnya. Data yang digunakan adalah data history pada 3 tahun yang lalu. Dengan mengimplementasikan regresi linear kedalam sistem pembukaan kelas ini memberikan kemudahan dalam melakukan perhitungan serta mengurangi terjadinya drop kelas.


Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Zain, M., Ari Jayanti, N. K. D., & Atmojo, Y. P. (2016). Implementasi Forecasting Pada Perancangan Sistem Pembukaan Kelas di STIKOM Bali dengan Menggunakan Metode Regresi Linear. Jurnal Eksplora Informatika, 3(1), 17-28. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/42
Section
Articles

References

Spyros Makridakis, Steven C.Wheelwright, Victor E. McGee. 1988. Metode dan Aplikasi Peramalan. Untung Gus Andriyanto, Abdul Basith. Jakarta: Erlangga. 2000.

Bernardus Budi Hartono. Teknik Simulasi Peramalan. 2009; 2;8-13.

Kusrini, Andri Koniyo.Tuntutan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi Offset. 2007.

Jogiyanto Hartono. Analisa dan Desain Sistem. Yogyakarta: Andi Offset. 2005.

Gordon B. Davis. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen.Bob Widyahartono. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo. 1992.

Abdul Kadir. Konsep & Tuntunan Praktis Data. Yogyakarta: Andi Offset. 1998.

Tata Sutabari. Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset. 2004.

Edhy Sutanta. Sistem Basis Data. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2004.

Bambang Wahyudi. Konsep Sistem Informasi dari Bit sampai ke Database. Yogyakarta: Andi Offset. 2008.

Jaenudin. Belajar Sendiri .Net Dengan Visual C# 2005. Yogyakarta: Andi Offset. 2005.