Spesifikasi Komputer Rakitan Berdasarkan Kebutuhan dan Anggaran Menggunakan Algoritma Backtracking

Main Article Content

Rahmat Haryadi Kiswanto

Abstract

Pemilihan komputer yang baik adalah menyesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan anggaran karena hal ini berhubungan dengan spesifikasi perangkat keras di dalamnya. Masih banyak masyarakat awam tidak mempunyai pengetahuan komponen komputer rakitan. Hal ini bias menjadi penyebab kurang optimalnya dalam memilih spesifikasi komputer rakitan berdasarkan kebutuhan dan ketersediaan anggaran. Sehingga perlu adanya suatu sistem yang dapat membantu masyarakat dalam memberikan informasi spesifikasi (komponen-komponen) komputer rakitan yang menyesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki calon pembeli. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan mengamati langsung proses pembelian Komputer rakitan yang dilakukan di toko-toko komputer. Selanjutnya melakukan pengumpulan data perangkat keras komputer yang akan dijadikan spesifikasi komputer rakitan. Memilih Algoritma Backtracking dengan teknik Depth First Search dengan fungsi pembatas harga dalam proses penyusunan spesifikasi perangkat keras komputer. Pengujian dilakukan pada 4 komponen hardware untuk Paket Office dengan batas anggaran Rp 5.000.000, dan memperoleh output harga Rp 4.978.000 dengan performa indeks 5482 dan pada Paket Grafik/Game, pengujian dilakukan pada 5 komponen hardware dengan batas anggaran Rp 8.000.000 dan memperoleh 2 pilihan output harga Rp 7.973.000 dan Rp 8.000.000 dengan masing-masing indeks 12749 dan 12373. Kedua pengujian menghasilkan keluaran kombinasi hardware yang tidak melebihi batas anggaran yang dimasukkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kiswanto, R. (2020). Spesifikasi Komputer Rakitan Berdasarkan Kebutuhan dan Anggaran Menggunakan Algoritma Backtracking. Jurnal Eksplora Informatika, 10(1), 1-12. https://doi.org/10.30864/eksplora.v10i1.358
Section
Articles

References

E. Haryanty, “Aplikasi Algoritma Genetika Dalam Menentukan Spesifikasi PC Berdasarkan Kemampuan Finansial Konsumen,” Teknika, vol. 1, no. 1, pp. 21–25, 2012, doi: 10.34148/teknika.v1i1.3. [link]

M. T. Utomo and H. Mustafidah, “Penentuan Spesifikasi Komputer Berdasarkan Kebutuhan Pemakai Dan Harga Menggunakan Basis Data Fuzzy,” Juita, vol. IV, no. 1, pp. 28–36, 2016. [link]

A. Herwanto and B. E. Purnama, “Penerapan Metode Depth First Search Pada Pencarian Rute Bus Kota Berbasis Web Mobile Di Solo,” Ilm. Go Infotech, 2013.

R. B. Sirait, “Perancangan Aplikasi Game Labirin Dengan Menggunakan Algoritma Backtracking,” Pelita Inform. Budi Darma, vol. 5, no. 2, pp. 100–103, 2013. [link]

F. F. Coastera and A. Nomansa, “Backtracing Pada Aplikasi Permaianan Tradisional Dam-Daman,” Rekursif Inform., vol. 1, no. 3, 2019. [link]

S. Russell and P. Norvig, Artificial Intelligence A Modern Approach Third Edition. New Jersey: Prentice Hall, 2010.

B. Bruegge and A. H. Dutoit, Object-oriented software engineering : using UML, patterns and Java. New Jersey: Prentice Hall, 2010. [link]

T. C. Lethbridge and R. Laganiere, Object-Oriented Software Engineering. Glasgow: McGraw-Hill Education, 2005. [link]

S. Nidhra and J. Dondeti, “Black Box and White Box Testing Techniques,” Int. J. Embed. Syst. Appl., vol. 2, no. 2, pp. 29–50, 2012. [link]

M. E. Khan, “Different approaches to white box testing technique for finding errors,” Int. J. Softw. Eng. its Appl., vol. 2, no. 4, pp. 31–40, 2011, doi: 10.5121/ijsea.2011.2404. [link]

A. Z. Pitoyo, G. Djuwadi, and P. Yudho, “Nilai Cyclomatic Complexity Konflik Kerja terhadap Pengaruh Pimpinan dan Beban Kerja Karyawan dengan Menggunakan Model Reflektif PLS SEM,” J. Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 648–655, 2018. [link]

H. L. P. Y. T. A. Candra, “Cyclomatic Complexity Test Design Flowgraph Registration of Emergency Installation Patients in Wava Husada Hospital Using SEM,” Int. J. Sci. Res., vol. 6, no. 8, pp. 1983–1987, 2017, doi: 10.21275/ART20176323. [link]

M. E. Khan, “Different Approaches to Black Box,” vol. 2, no. 4, pp. 31–40, 2011. [link]