Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kombinasi Paket Produk Pertanian Menggunakan Algoritma Apriori

Main Article Content

Nur Fitrianingsih Hasan
Rifqi Hammad
Dwinda Etika Profesi
Kusrini Kusrini

Abstract

Sektor pertanian di Indonesia yang memiliki potensi hasil tani tinggi ternyata memiliki kendala yaitu kurangnya pemanfaatan teknologi informasi. Data transaksi yang mengendap tidak dimanfaatkan,  jika data ini diolah maka akan memberikan manfaat khususnya dalam memaksimalkan keuntungan penjualan produk pertanian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) kombinasi paket produk pertanian dengan memanfaatkan data transaksi yang sudah ada menggunakan algoritma apriori. Penelitian ini mengembangkan beberapa fitur inovasi agar pembangkitan item set lebih cepat dan menghasilkan aturan asosiasi yang mudah dipahami oleh pengguna. Hasil dari penelitian ini didapatkan rekomendasi paket produk pertanian dengan jumlah kemunculan transaksi 3, nilai support 25 dan nilai confidence 100, dan uji lift ratio 2,40. Jumlah data set dari fitur inovasi periode tanggal transaksi di mana semakin banyak data transaksi yang ada dan parameternya semakin tinggi maka akan semakin baik hasilnya. Presentasi dari penerimaan pengguna sebesar 73% artinya SPK ini diterima dan berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hasan, N., Hammad, R., Profesi, D. E., & Kusrini, K. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kombinasi Paket Produk Pertanian Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Eksplora Informatika, 9(1), 38-49. https://doi.org/10.30864/eksplora.v9i1.261
Section
Articles

References

Soekartawi, “e-AGRIBISNIS : TEORI DAN APLIKASINYA,” Semin. Nas. Apl. Teknol. Inf., vol. 2007, no. Snati 2007, pp. 19–25, 2009. [link]

R. A. Hasani, I. Soesanti, and S. Fauziati, “Association Rule Pada Point of Sale Swalayan Dengan,” pp. 1–7, 2017. [link]

R. Yanto and R. Khoiriah, “Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma Apriori dalam Menentukan Pola Pembelian Obat,” Creat. Inf. Technol. J., vol. 2, no. 2, p. 102, 2018. [link]

Q. Wen et al., “Daily Sales Forecasting for Grapes by Support Vector Machine To cite this version : HAL Id : hal-01220846 Daily sales Forecasting for Grapes by Support Vector Machine,” 2015. [link]

C. D. Saputro and A. Susanto, “Sistem Rekomendasi Pembuatan Paket Menu Dengan Market Basket Analysis Menggunakan Algoritma Apriori,” no. x, pp. 1–8, 2017. [link]

R. Rahim et al., “Market Basket Analysis Using Apriori and FP-Growth for Analysis Consumer Expenditure Patterns at Berkah Mart in Pekanbaru Riau,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1114, p. 012131, 2018. [link]

I. R. Srinivasa Kumar, R. Renganathan, C. VijayaBanu, “Consumer Buying Pattern Analysis using Apriori Association Rule,” Int. J. Pure Appl. Math., vol. 119, no. 7, pp. 2349–2350, 2018. [link]

K. N. Wijaya, “Analisa Pola Frekuensi Keranjang Belanja dengan Algoritma Apriori,” vol. 3, no. 1, pp. 9–12, 2017. [link]

A. Fikri, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menetukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa,” J. Iptek Terap., vol. 10, no. 2, pp. 81–85, 2017. [link]

E. Turban, J. E. Aronson, and T. P. Liang, Decision Support Systems and Intelligent Systems. Yogyakarta: Andi Offset, 2005. [link]

Kusrini and E. T. Luthfi, Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset, 2009.

B. Santosa, Data Mining: Teknik Pemanfaatan Data untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.

H. Dewantara, P. B. Santosa, and N. W. Setyanto, “Perancangan Aplikasi Data Mining Dengan Algoritma Apriori Untuk Frekuensi Analisis Keranjang Belanja Pada Data Transaksi Penjualan,” Tek. Ind., pp. 415–426, 2013. [link]

M. Fauzy, R. K. W Saleh, and I. Asror, “Penerapan metode association rule menggunakan algoritma apriori pada simulasi prediksi hujan wilayah kota bandung,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. 2, No.2, no. 2, pp. 221–227, 2016. [link]