Uji Kinerja Dan Analisis K-Support Vector Nearest Neighbor Terhadap Decision Tree dan Naive Bayes

Main Article Content

Eko Prasetyo
Rr Ani Dijah Rahajoe
Soffiana Agustin
Arif Arizal

Abstract

Algoritma K-Support Vector Nearest Neighbor (K-SVNN) menjadi salah satu alternative metode hasil evolusi K-Nearest Neighbor (K-NN) yang bertujuan untuk mengurangi waktu yang digunakan pada saat prediksi tetapi diharapkan dapat tetap mempertahankan akurasi prediksi. Metode ini masih relatif muda sehingga baru dibandingkan hanya dengan metode-metode berbasis K-NN lainnya. Dalam penelitian ini dilakukan analisis perbandingan kesamaan, perbedaan, dan kinerja terhadap metode Decision Tree (DT) dan Naïve Bayes (NB). Pengujian dengan perbandingan ini penting untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan relatif yang dimiliki oleh K-SVNN. Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan maka metode tersebut dapat dibuktikan baik tidaknya ketika diimplementasikan. Pengujian dilakukan baik pada saat pelatihan maupun prediksi. Kinerja pelatihan diukur dalam hal waktu yang digunakan untuk pelatihan, kinerja prediksi diukur dalam hal waktu yang digunakan untuk prediksi dan akurasi prediksi yang didapat. Hasil pengujian menunjukkan bahwa K-SVNN mempunyai akurasi yang lebih baik daripada DT dan NB. Sedangkan waktu yang digunakan untuk pelatihan dan prediksi K-SVNN lebih lama disbanding DT dan NB.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prasetyo, E., Rahajoe, R. A. D., Agustin, S., & Arizal, A. (2016). Uji Kinerja Dan Analisis K-Support Vector Nearest Neighbor Terhadap Decision Tree dan Naive Bayes. Jurnal Eksplora Informatika, 3(1), 1-6. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/25
Section
Articles

References

Prasetyo, E., 2012. K-Support Vector Nearest Neighbor untuk Klasifikasi Berbasis K-NN, in proceding Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, Jurusan Sistem Informati ITS, Surabaya.

Tan, P., Steinbach, M., Kumar, V., 2006. Introduction to Data Mining, 1st Ed, Pearson Education: Boston San Fransisco New York.

Prasetyo, E., 2012. Data Mining – Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, edisi 1, Andi Offset: Yogyakarta.

Wu, X., Kumar, V., 2009. The Top Ten Algorithms in Data Mining, CRC Press Taylor & Francis Group: Boca Raton London.

Gowda, K.C., Krishna, G. 1979. The Condensed Nearest Neighbor Rule Using the Concept of Mutual Nearest Neighborhood. IEEE Transactions on Information Theory. 25 (4), pp.488-490.

Srisawat, A., Phienthrakul, T., Kijsirikul, B. 2006. SV-KNNC: An Algorithm for Improving the Efficiency of K-Nearest Neighbor. In: Qiang Yang, Geoffrey I. Webb. The 09th Pacific Rim International Conference on Artificial Intelligence (PRICAI-2006). Guilin, China, 7-11 August 2006. Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Fayed, H.A., Atiya, A.F. 2009. A Novel Template Reduction Approach for the K-Nearest Neghbor Method. IEEE Transaction on Neural Network, 20(5), pp.890-896.

UCI Machine Learning Repository , 20 Mei 2012, http://archive.ics.uci.edu/ml/datasets.html