Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC

Main Article Content

Ika Asti Astuti
Aris Harwanto
Tonny Hidayat

Abstract

Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa pada umumnya masih manual menggunakan buku atau materi yang dijelaskan tidak terealisasi artinya tidak ada penjelasan yang cukup mengenai materi pada bagian visualisasi contohnya sistem tata surya tentang bagaimana bentuk planet, berputarnya, warnanya dan lain-lain. Media pembelajaran ini digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, yang di dalamnya mengandung unsur multimedia meliputi teks, gambar, audio, video dan animasi tata surya dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan media pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian yaitu bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan memiliki efek positif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada khsusnya materi pengenalan sistem tata surya pada siswa Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Astuti, I., Harwanto, A., & Hidayat, T. (2019). Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2), 158-166. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.220
Section
Articles

References

F. N. Kurdi, “Penerapan Student-Centered Learning dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu,” pp. 108–113. [link]

I. A. Astuti, M. Suyanto, J. R. Road, and C. Catur, “Penerapan Metode User Centered Design pada Game Based,” vol. 2, no. 1, pp. 10–20, 2017. [link]

O. Pada and B. Aljabar, “Pengembangan media pembelajaran al-smart untuk materi operasi pada bentuk aljabar,” pp. 421–427, 2018. [link]

A. Sudrajat, “Media Pembelajaran,” Media Pembelajaran, pp. 1–3, 1977.

R. Rizki et al., “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagramsebagai Alternatif Pembelajaran 1,” vol. 1, no. 2, pp. 209–215, 2018. [link]

I. E. Putra, “Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui,” vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2013. [link]

A. Ratnasari, P. Studi, P. Akuntansi, F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. M. Surakarta, “Melalui Media Pembelajaran Berbasis Modul Interaktif Adobe Flash CS6 Pada Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 1 Boyolali,” 2018. [link]

S. Husein, L. Herayanti, and Gunawan, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor,” vol. II, no. 2, pp. 136–142, 2016. [link]

E. Sutarno et al., “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung,” no. 3, pp. 203–218. [link]

E. Prasetya, A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017. [link]

S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia,” J. Prosisko, vol. 2, no. 2, p. 6, 2016. [link]

S. Anardani and I. D. Kurniawati, “Pengembangan animasi interaktif pembelajaran galaksi tata surya dengan pemodelan luther,” vol. 3, 2018. [link]

S. Dasar, “Analisa kepuasan pengguna aplikasi media interaktif pembelajaran tata surya pada siswa sekolah Dasar,” pp. 21–33, 2017. [link]