Pengembangan Media Interaktif Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Framework MDLC
Main Article Content
Abstract
Proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru kepada siswa pada umumnya masih manual menggunakan buku atau materi yang dijelaskan tidak terealisasi artinya tidak ada penjelasan yang cukup mengenai materi pada bagian visualisasi contohnya sistem tata surya tentang bagaimana bentuk planet, berputarnya, warnanya dan lain-lain. Media pembelajaran ini digunakan untuk kegiatan belajar mengajar, yang di dalamnya mengandung unsur multimedia meliputi teks, gambar, audio, video dan animasi tata surya dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan media pembelajaran tersebut. Hasil dari penelitian yaitu bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan dapat meningkatkan keaktifan siswa di kelas dan memiliki efek positif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada khsusnya materi pengenalan sistem tata surya pada siswa Sekolah Dasar.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
F. N. Kurdi, “Penerapan Student-Centered Learning dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu,†pp. 108–113. [link]
I. A. Astuti, M. Suyanto, J. R. Road, and C. Catur, “Penerapan Metode User Centered Design pada Game Based,†vol. 2, no. 1, pp. 10–20, 2017. [link]
O. Pada and B. Aljabar, “Pengembangan media pembelajaran al-smart untuk materi operasi pada bentuk aljabar,†pp. 421–427, 2018. [link]
A. Sudrajat, “Media Pembelajaran,†Media Pembelajaran, pp. 1–3, 1977.
R. Rizki et al., “Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagramsebagai Alternatif Pembelajaran 1,†vol. 1, no. 2, pp. 209–215, 2018. [link]
I. E. Putra, “Teknologi Media Pembelajaran Sejarah Melalui,†vol. 1, no. 2, pp. 20–25, 2013. [link]
A. Ratnasari, P. Studi, P. Akuntansi, F. Keguruan, D. A. N. Ilmu, and U. M. Surakarta, “Melalui Media Pembelajaran Berbasis Modul Interaktif Adobe Flash CS6 Pada Materi Jurnal Penyesuaian Kelas X Akuntansi Di SMK Negeri 1 Boyolali,†2018. [link]
S. Husein, L. Herayanti, and Gunawan, “Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Suhu dan Kalor,†vol. II, no. 2, pp. 136–142, 2016. [link]
E. Sutarno et al., “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Kemandirian Belajar Siswa SMP di Kota Bandung,†no. 3, pp. 203–218. [link]
E. Prasetya, A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,†vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2017. [link]
S. Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia,†J. Prosisko, vol. 2, no. 2, p. 6, 2016. [link]
S. Anardani and I. D. Kurniawati, “Pengembangan animasi interaktif pembelajaran galaksi tata surya dengan pemodelan luther,†vol. 3, 2018. [link]
S. Dasar, “Analisa kepuasan pengguna aplikasi media interaktif pembelajaran tata surya pada siswa sekolah Dasar,†pp. 21–33, 2017. [link]